Amar, Muhamad Nurrais (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BOLA VOLI MELALUI MEDIA GAME QUIZIZZ BERBASIS HYPERMEDIA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Muhamad Nurrais Amar “Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Bola Voli Melalui
Media Game Quizizz Berbasis Hypermedia Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4
Semarang”,Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,, Universitas PGRI
Semarang, 2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kekurangan pada hasil evaluasi siswa
mengenai materi bola voli pada SMK Negeri 4 Semarang. Penelitian yang telah
dilakukan berkenaan dengan memberikan media evaluasi berupa quizizz guna
meningkatkan daya dan hasil belajar siswa pada materi bola voli. Metode yang
digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Teknik analisis data
menggunakan software SPSS 24. Hasil yang diperoleh yaitu penggunaan media
evaluasi quizizz terbukti memberikan peningkatan pada hasil belajar siswa di
SMK Negeri 4 Semarang mengenai bola voli.
Pada penelitian kali ini, peneliti melakukan 3 kali evaluasi terhadap siswa.
Evaluasi yang pertama merupakan pretest, yang dijadikan dasar untuk
dibandingkan dengan hasil evaluasi setelah diberikan metode pembelajaran secara
konvensional. Evaluasi kedua yaitu evaluasi dengan menggunakan media quizizz
atau treatment. Dan evaluasi yang ketiga merupakan evaluasi yang dilakukan
dengan menggunakan media konvensional setelah diberi perlakuan dengan
quizizz.
Hasil yang diperoleh pada evaluasi dengan media konvensional
menunjukkan bahwa rata-rata ketepatan jawaban siswa yang sebelumnya
mendapatkan rata-rata ketepatan jawaban sebanyak 13 soal menjadi 15 soal.
kemudian, hasil yang diperoleh pada evaluasi dengan media quizizz menunjukkan
bahwa rata-rata ketepatan jawaban siswa yang sebelumnya mendapatkan rata-rata
ketepatan jawaban sebanyak 13 soal menjadi 18 soal. Hasil penelitian ini dapat
memberikan suatu gambaran bagi guru olahraga di SMK Negeri 4 Semarang
maupun di sekolah lainnya bahwa diperlukan terobosan dalam penggunaan
aplikasi dalam menunjang kinerja guru dan mendongkrak hasil belajar siswanya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 06:29 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 06:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3183 |