Aliyafi, Muh. Nur Septa (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sepak Bola di SMP N 3 Karangrayung Dalam Pembelajaran Tatap Muka. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sepak bola merupakan salah satu
kegiatan dalam pembelajaran olahraga. Di pembelajaran tatap muka siswa kurang
antusias dalam pembelajaran materi sepak bola karena model pembelajaran yang
sangat monoton, yaitu menggunakan model pembelajaran konvensional yang
cenderung siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu tujuan dari
penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Pada Materi Sepak Bola di SMP N 3 Karangrayung Dalam Pembelajaran Tatap
Muka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian
kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi,
angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
IX SMP N 3 Karangrayung dengan jumlah 233 siswa. Sampel dalam penelitian
ini adalah siswa kelas IX A dan IX B yang berjumlah 57 siswa. Teknik analisis
yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis.
Hasil peneilitan yang ditunjukan pada peningkatan motivasi belajar siswa
pada materi sepak bola di SMP N 3 Karangrayung dalam pembelajaran tatap
muka melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament
dengan hasil pretest sebelum diberikan model pembelajaran kooperatif tipe teams
games tournament diperoleh nilai mean atau rata-rata 61,23, untuk hasil dari nilai
range sebesar 15, untuk nilai sum atau jumlah sebesar 3490, skor tertinggi yang
diperoleh adalah 69, sedangkan untuk hasil skor terendah adalah 54 dan nilai
simpangan baku (std.deviasi) 4,13. Sedangkan untuk hasil data postest angket
motivasi belajar siswa pada materi sepak bola di SMP N 3 Karangrayung dalam
pembelajaran tatap muka setelah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe
teams games tournament diperoleh nilai mean atau rata-rata 77,46, untuk hasil
dari nilai range sebesar 12, untuk nilai sum atau jumlah sebesar 4415, skor
tertinggi yang diperoleh adalah 83, sedangkan untuk hasil skor terendah adalah 71
dan nilai simpangan baku (std.deviasi) 2,84, dapat disimpulkan Terdapat pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap motivasi
belajar siswa pada materi sepak bola di SMP N 3 Karangrayung dalam
pembelajaran tatap muka dengan hasil uji paired sample t-test nilai Sig.(2-tailed)
0,000 < 0,05 dan mengalami peningkatan pretest sebesar 61,23 menjadi posttest
sebesar 77,46 dengan peningkatan sebesar 26,5%.
Kata Kunci : Motivasi, Siswa, Sepak Bo
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:33 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 04:33 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3128 |