PENGEMBANGAN MEDIA LIGHT BOX MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD

Laksono, Helgarani Fanitasari (2023) PENGEMBANGAN MEDIA LIGHT BOX MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HELGARANI FANITASARI LAKSONO 19120420.pdf] Text
HELGARANI FANITASARI LAKSONO 19120420.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

HELGARANI FANITASARI LAKSONO. NPM 19120420. “Pengembangan
Media Light Box Materi Sifat-sifat Cahaya pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV
SD”. Skripsi. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang
inovatif pada mata pelajaran IPAS untuk membantu siswa dalam memahami
materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana prosedur
pengembangan media light box materi sifat-sifat cahaya kelas IV SD, (2)
Bagaimana kelayakan media light box materi sifat-sifat cahaya kelas IV SD.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis
pengembangan media light box materi sifat-sifat cahaya pada mata pelajaran IPAS
kelas IV SD, (2) Untuk menganalisis kelayakan media light box materi sifat-sifat
cahaya pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah
model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima langkah pengembangan yaitu (1)
Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Model
ADDIE terdiri dari lima langkah pengembangan yaitu (1) Analysis, (2) Design,
(3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Tahap analysis, dilakukan
studi dokumen, wawancara, dan angket. Tahap design, merancang media light
box. Tahap development, merealisasikan desain dan validasi media serta materi.
Tahap implementation, penerapan media light box kepada 16 siswa kelas IV SD.
Tahap evaluation, pengisian umpan balik terkait penggunaan media light box.
Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan skor penilaian
3,9 dengan kategori sangat baik dan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi
mendapatkan skor penilaian 3,8 dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada
hasil uji coba lapangan, hasil penilaian respon guru mendapatkan skor 4 dengan
kategori sangat baik dan hasil penilaian respon peserta didik mendapatkan skor
presentase 88,40% dengan kategori sangat baik.
Kesimpulannya bahwa media pembelajaran light box materi sifat-sifat
cahaya ini terbukti valid dan layak digunakan dalam pembelajaran IPAS kelas IV
SD.
Kata Kunci : Penelitian dan pengembangan, Model ADDIE, Media light box,
Sifat-sifat cahaya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:36
Last Modified: 05 Jan 2024 02:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item
View Item