Khadafi, Mu’ammar (2022) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING DI SMA/SMK SE-KECAMATAN MAYONG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Khadafi,Mu’ammar “Keefektifan Penggunaan Teknologi Informasi Dan
Komunikasi Pada Pembelajaran PJOK Secara Daring Di SMA/SMK Se�Kecamatan Mayong”. Program Study Pendidikan Jasmani Kesehatan dan
Rekreasi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan.
Universitas PGRI Semarang 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi beberapa waktu yang lalu dikarenakan
adanya wabah COVID-19 yang melanda dunia diakhir 2019 hingga saat ini akhir
2021, pemerintah menerbitkan peraturan pembelajaran secara daring. Sehingga
dari penerapan dari proses pembelajaran daring guru harus lebih interaktif dan
kreatif untuk menyampaikan pembelajaran agar para siswa dapat menerima materi
pembelajaran. Salah satunya di SMA/SMK Muhammadiyah Kecamatan
Mayong di mana dalam proses Pembelajaran menggunakan Video Confrence &
Aplikasi Pembelajaran Virtual.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kefektifan Penggunaan
Teknologi Informasi dan Kemunikasi pada Pembelajaran PJOK secara Daring di
SMA/SMK se-Kecamatan Mayong.
Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan
menggunakan metode survey. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru
PJOK SMA/SMK se Kecamatan Mayong menggunakan total sampling.
Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui
observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif
dengan data presentase yang digunakan untuk mengkaji variabel pada variable
penelitian dari efektivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada
pembelajaran PJOK secara daring se-Kecamatan Mayong.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keefektifan penggunaan media
teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran PJOK secara daring di
SMA/SMK se-Kecamatan Mayong Kab. Jepara berada pada kategori “sangat
tinggi” sebesar 13% (1 guru), “tinggi” sebesar 62,5% (5 guru),”cukup” sebesar
25% (2 guru) “rendah” sebesar 0% (0 guru) dan “rendah sekali” sebesar 0% (0
guru). Berdasarkan nilai rata-rata efektivitas penggunaan media teknologi
informasi dan komunikasi pada pembelajaran PJOK secara daring di SMA/SMK
se-Kecamatan Mayong sebesar 62,5 % berada pada kategori tinggi.
Kata kunci: Keefektifan, TIK , Pembelajaran PJOK.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 04:01 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 04:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/3101 |