PENGARUH KEAKTIFAN PADA MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS UNTUK MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V

YULIANITA, KURNIA RAHMA (2023) PENGARUH KEAKTIFAN PADA MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS UNTUK MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS V. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of KURNIA RAHMA YULIANITA 19120262.pdf] Text
KURNIA RAHMA YULIANITA 19120262.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

KURNIA RAHMA YULIANITA, NPM 19120262 “Pengaruh Keaktifan Pada
Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Untuk
Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya keaktifan
dan berpikir kritis siswa kelas V SDN Bandungrejo 2 selama proses pembelajaran.
terutama dalam pelajaran matematika tentang volume kubus dan balok.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh keaktifan
pada model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan berpikir kritis materi
volume kubus dan balok yang signifikan di SD Negeri Bandungrejo 2?
Peneliti ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan
kuantitatif metode quasi experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VA dan VB SD Negeri Bandungrejo 2 Tahun Pelajaran 2022/2023.
Sampel yang digunakan dalam penelitian dari populasi yaitu seluruh siswa kelas
V di SDN Bandungrejo 2 yang berjumlah 30 siswa kelas A dan B. Pengambilan
sampel data menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah angket dan tes. Instrumen penelitian menggunakan pedoman
angket keaktifan siswa dalam menggunakan model talking stick dan pedoman tes
berupa soal uraian volume kubus dan balok untuk mengetahui kemampuan
berpikir kritis siswa. Validasi instrumen dalam penelitian ini menggunakan
validasi konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi
linear sederhana. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji
linearitas.
Hasil dari analisis data menunjukan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.000
< 0.05 yang berarti bahwa ada pengaruh antara variabel X terhadap Variabel Y.
Nilai R Square (R) sebesar 0,424, nilai yang mengandung arti bahwa pengaruh
keaktifan pada model pembelajaran talking stick (X) terhadap kemampuan
berpikir kritis (Y) siswa adalah sebesar 42.1% dengan interpretasi koefisien
determinasi dalam tingkat hubungan cukup tinggi sedangkan sisanya dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak diteliti. Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan
terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan pada model pembelajaran
talking stick terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi volume kubus dan
balok kelas V SD Negeri Bandungrejo 2.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran talking stick pada materi
volume kubus dan balok untuk melatih keaktifan siswa dan kemampuan berpikir
kritis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:33
Last Modified: 05 Jan 2024 02:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item
View Item