KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VA TEMA 6 SUBTEMA 1 DI SDN KALICARI 02 SEMARANG

DEWI, INTAN MUSTIKA (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STEM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VA TEMA 6 SUBTEMA 1 DI SDN KALICARI 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of INTAN MUSTIKA DEWI 19120300.pdf] Text
INTAN MUSTIKA DEWI 19120300.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

INTAN MUSTIKA DEWI. NPM 19120300. “Keefektifan Model Pembelajaran
STEM Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran TematikKelas
VA Tema 6 Subtema 1 di SDN Kalicari 02 Semarang”. Skripsi ProgramStudi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UniversitasPGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I: Dr. Fine
Reffiane, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II: Diana Endah Handayani, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
pembelajaran yang efektif dan kurangnya aktifnyapeserta didiksehingga hasil
belajar peserta didik menjadi rendah, serta belum diterapkannya model
pembelajaran STEM untuk mengembangkan soft skill peserta didik.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model
pembelajaranSTEM efektif untuk meningkatkan hasilbelajar peserta didik pada
pembelajaran tematik kelas VA tema 6 subtema 1 SDN Kalicari 02 Semarang?
Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuikeefektifan
model pembelajaran STEM untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik kelas VA tema 6 subtema 1 di SDN Kalicari 02 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini
menggunakanPre Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest
Posttest Design.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik pada
pembelajaran tematik kelas VA SDN Kalicari 02 Semarang.Sampel yang
digunakan yaitu peserta didik kelas VA SDN Kalicari 02 Semarang yang terdiri
dari 28 peserta didik. Teknik sampling dalam penelitian ini adalahmengggunakan
sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara,observasi,
tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada analisisawal
adalah uji normalitas. Analisis akhir menggunakan uji normalitas, ujihipotesis,
dan uji ketuntasan belajar.
Rata-rata hasil belajar peserta didik yang menunjukkan pembelajaran
tanpamenggunakan model pembelajaran STEM(pretest) sebanyak 48,5714%.
Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberiperlakuan (posttest)
dengan menggunakan model pembelajaran STEM sebanyak 80,8571%. Hal
tersebut diperkuat dengan hasilperhitungan uji t berpasangan dapat disimpulkan
bahwa uji t berpasangan pada hasil pretest dan posttest menghasilkan nilai
signifikansi 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterimaataudapat dikatakan
bahwa model pembelajaran STEMefektif untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran tematik kelas VA tema 6 subtema 1 di SDN
Kalicari 02 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat peneliti
sampaikanhendaknya guru supaya menggunakan model pembelajaran STEM
digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: STEM,Hasil Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:26
Last Modified: 05 Jan 2024 02:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item
View Item