EVALUASI TUGAS GERAK SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DARING SE KECAMATAN COMAL

Falata, Fandy (2022) EVALUASI TUGAS GERAK SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DARING SE KECAMATAN COMAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of FANDY FALATA 16230066.pdf] Text
FANDY FALATA 16230066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Fandy Falata, 2022. “Evaluasi Tugas Gerak Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan
jasmani Daring Se Kecamatan Comal”, Program Studi Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022.
Berdasarkan pengamatan penulis bahwa pelaksanaan pembelajaran
pendidikan jasmani di tengah pandemi cenderung sulit dilakukan, karena
pembelajaran daring dirasa kurang efektif terutama pada tugas gerak. Oleh karena
itu, untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran daring pada tugas gerak
maka diperlukan evaluasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui evaluasi tugas gerak
dalam pembelajaran pendidikan jasmani daring se Kecamatan Comal. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan one shot
case study menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel
menggunakan total sampling. Sampel dalam Peneltian ini yaitu seluruh guru PJOK
se kecamatan comal, berjumlah 75 guru. Instrumen dalam penelitian ini berupa
lembar kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif
dengan data persentase. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, bahwa
pelaksanaan evaluasi tugas gerak siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani
daring se Kecamatan Comal pada aspek kegiatan yang mendukung aktivitas fisik
sebelum masa pandemi menunjukkan hasil: selalu 2,7%, sering 36%, kadang�kadang 47%, jarang 11% dan tidak pernah 4%. Aspek kegiatan yang mendukung
aktivitas fisik selama pembelajaran daring menunjukkan hasil: selalu 4%, sering
30,7%, kadang-kadang 53,3%, jarang 12% dan tidak pernah 0%. Dan kesehatan
fisik dan kesehatan mental guru dalam keadaan baik 69% dan sangat baik 31%.
guru sebagai evaluator sudah seharusnya dapat melaksanakan proses evaluasi
dengan baik, oleh karena itu, guru diharuskan lebih memperkaya skill
kompetensinya dalam evaluasi dengan lebih memahami lagi tentang teknik dan
prosedur evaluasi pendidikan hingga menafsirkan hasil dari pelaksanaan evaluasi
tersebut dan didapatkan keputusan yang tepat demi tercapainya tujuan
pembelajaran
Kata Kunci: evaluasi, tugas gerak, pembelajaran pendidikan jasmani dari

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:13
Last Modified: 21 Mar 2024 02:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2986

Actions (login required)

View Item
View Item