Larasati, Anindita (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS X MIPA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Anindita Larasati 16330002.pdf
Download (1MB)
Abstract
enelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan LKS yang belum berdasarkan
model pembelajaran PBL. Oleh karena itu, penulis mengembangkan LKS dengan tujuan
dalam penelitian ini adalah (1) Menentukan validitas Lembar Kerja Siswa (LKS)
berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi gerak harmonis sederhana
berdasarkan ahli materi (2) Menentukan nilai keterampilan proses sains siswa pada
materi gerak harmonis sederhana (3) Mengungkap keefektifan penggunaan LKS bagi
siswa pada materi gerak harmonis sederhana (4) Mengungkap respon siswa setelah
menggunakan LKS fisika berbasis PBL pada materi gerak harmonis sederhana.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan (1) LKS berbasis Problem based Learning
pada materi gerak harmonis sederhana layak digunakan dengan rata-rata 84%, (2)
Keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dari kriteria sedang dengan
nilai rata-rata 41% menjadi tinggi dengan nilai rata-rata 53%. (3) Pada keefektifan
mendapatkan hasil sebesar 82% dalam kategori sangat efektif dan (4) Respon siswa
mendapatkan hasil 82% termasuk dalam kategori sangat baik.
Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Keefektifan, Gerak Harmonis
Sederhana, Lembar Kerja Siswa (LKS)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 02:02 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 02:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2972 |