PENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETRAMPILAN OLAHRAGA BOLAVOLI MINI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN PURWOREJO KECAMATAN KALIORI TAHUN 2021 – 2022

ZAMRONI, MOH ARIEF (2022) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETRAMPILAN OLAHRAGA BOLAVOLI MINI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN PURWOREJO KECAMATAN KALIORI TAHUN 2021 – 2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MOH ARIEF ZAMRONI 202360113.pdf] Text
MOH ARIEF ZAMRONI 202360113.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
"Peningkatkan Hasil Belajar Ketrampilan Olahraga Bolavoli Mini Melalui
Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV Semester 1 SDN Purworejo
Kecamatan Kaliori Tahun 2021 - 2022"
Kata kunci: Pendidikan jasmani, Permainan Bolavoli Mini, Metode Demonstrasi
Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan
aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk
mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler,
perseptual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sistem pendidikan nasional.
Permasalah yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimana
peningkatan hasil belajar ketrampilan Olahraga Bolavoli mini bagi Siswa kelas
IV semester 2 dengan diterapkannya metode demonstrasi? (b) Bagaimanakah
pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi belajar ketrampilan Olahraga
bolavoli mini pada Siswa kelas IV semester 1 ? Tujuan dari penelitian ini adalah
(a) Peningkatan hasil belajar ketrampilan Olahraga Bolavoli mini bagi Siswa
kelas IV semester 1 dengan diterapkannya metode demonstrasi? (b)
Bagaimanakah pengaruh metode Demontrasi terhadap motivasi belajar
ketrampilan Olahraga bolavoli mini pada Siswa kelas IV semester I?
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak
dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua tahap yaitu : Rencana, kegiatan,
pengamatan, refleksi dan refisi Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas IV
SDN Purworejo dari data diperoleh berupa hasil tes ketrampilan , lembar
observasi.
Dari hasil analisa didapat bahwa hasil belajar Siswa mengalami
peningkatakan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (73,08%) dan II (88,46 %)
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat berpengaruh
positif terhadap hasil belajar siswa Kelas TV semester 1 SDN Purworejo. Serta
metode demonstrasi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif Mapel
Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:56
Last Modified: 21 Mar 2024 01:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2964

Actions (login required)

View Item
View Item