DURROH, LUM’ATUD (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGENAL HURUF PADA SISWA KELAS I SD NEGERI SUMBERMULYO KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LUM’ATUD DURROH 19120310.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Lum’atud durroh. NPM 19120310“Analisis Faktor yang
mempengaruhi kemampuan membaca dan mengenal huruf SD Negeri
Sumbermulyo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Aries Tika Damayani,
S.Pd., M.Pd dan Dr. Riris Setyo Sundari, S.Pd., M.Pd.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan membaca dan mengenal huruf. Membaca merupakan salah satu
fungsi yang mendasar dari semua proses belajar semua didasari dengan
membaca sedangkan mengenal huruf, memberikan kesempatan anak untuk lebih
fokus dalam belajar, mengajarkan anak bagaimana pentingnya membaca dalam
berkomunikasi yang baik. Rumusan masalah dalam konteks penelitian ini adalah
Apa saja faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dan mengenal huruf
siswa kelas I SD N Sumbermulyo, Kec. Sarang, Kab. Rembang?.
Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat
deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian iniadalah siswa kelas I SD N
Sumbermulyo, Kec. Sarang, Kab. Rembang. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Prosedur analisis data menggunakan teknik model Miles & Hubermen
(pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan)
sedangkan keabsahan data penelitian ini menggunakan perpanjangan
pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan menujukan bahwa kegiatan
menganl huruf dan membaca yang diterapkan pada kelas I SD N Sumbermulyo
memiliki faktor yang berpengaruh dalam aktivitas literasi. Dalam kemampuan
siswa untuk belajar membaca dan mengenal huruf dalam menjalankan aktivitas
pembelajaran masih kurang untuk minat dalam membaca dan mengenal huruf.
Berdasarkan hasil penelitian faktor yang mempengaruhi siswa dalam
membaca dan mengenal huruf masih rendah, pihak sekolah yang masih kurang
dalam fasilitas pengenalan literasi sejak kelas redah harus diterapkan yang tepat
dalam meningkatkan persepsi literasi membaca siswa di era sekarang ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 02:16 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 02:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/287 |