Setiana, Maulana (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MAPEL PENJASORKES PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 2 KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Maulana Setiana, “Skripsi, Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Fasilitas Belajar
terhadap Efektifitas Pembelajaran Daring Mapel Penjasorkes pada Masa Pandemi
Covid-19 Di SMPN 2 Kendal Program Study PJKR, Fakultas Pendidikan dan
Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022
Peralihan proses pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh
yang dilakukan secara daring menjadi keniscayaan bagi SMPN 2 Kendal sejak
mewabahnya pandemi Covid-19 di Kabupaten Kendal. Tujuan penelitian ini
untuk menjelaskan dan menganalisis; (1) pengaruh positif dan signifikan
kompetensi pedagogik terhadap efektifitas pembelajaran daring Mapel
Penjasorkes, (2) pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap
efektifitas pembelajaran daring Mapel Penjasorkes, dan (3) pengaruh positif dan
signifikan secara simultan kompetensi pedagogik dan fasilitas belajar terhadap
efektifitas pembelajaran daring Mapel Penjasorkes.
Metode penelitian; asosiatif kausal dengan teknik kuantitatif.Populasi semua
kelas VII sebanyak 256, Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan tabel
yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael sebanyak 152.Teknik pengumpulan
data, angket, dokumentasi, teknik analisis data, analisis deskriptif dan analisis
statistik.
Hasil: (1) Ada pengaruh kompetensi pedagogik terhadap efektifitas
pembelajaran, Besarnya pengaruh sebesar 38.4% sisanya 61.6% efektifitas
pembelajaran dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar variabel yang diteliti (2)
Ada pengaruh fasilitas belajar terhadap efektifitas pembelajaran, Besarnya
pengaruh sebesar 41.7% sedangkan sisanya yaitu 58.3% dijelaskan oleh faktor�faktor lain di luar model, (3) Ada pengaruh secara simultan kompetensi pedagogik
dan fasilitas belajar terhadap efektifitas pembelajaran, Besarnya pengaruh sebesar
48.8% sedangkan sisanya yaitu 52.2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar
model
Saran; (1) Pada proses pembelajaran, guru dapat memberikan waktu
tambahan untuk materi-materi praktik seperti tugas tambahan sehingga
ketrampilan siswa akan lebih baik dan terasah karena kompetensi yang diharapkan
dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan banyak untuk
keterampilan atau performa, (2) Fasilitas pembelajaran online di SMPN 2 Kendal
sudah sangat memadahi, untuk dipertahankan dan jika mungkin dapat menaikkan
level guru dalam memaksimalkan fitur-fitur yang ada di Learning manajemen
System yang ada, dan (3) Bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan bahan pijakan
menyusun kajian teori dan menambah variabel lain yang berpengaruh terhadap
pencapaian prestasi belajar Mata Pelajaran Penjasorke
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 01:50 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 01:50 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2835 |