Maryono, Maryono (2022) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN LARI JARAK PENDEK MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN LARI BOLA KERANJANG PADA SISWA KELAS IV SDN 1 CANDEN KECAMATAN SAMBI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Maryono 20236032.pdf
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Maryono“Upaya Peningkatan Pembelajaran Ketrampilan Lari Jarak Pendek
Melalui Pendekatan Permainan Lari Bola Keranjang pada siswa kelas IV semester
2 SDN 1 Canden Kec. Sambi Tahun Pelajaran 2021/2022, Program Studi
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran menggunakan
pendekatan permainan lari bola keranjang dapat meningkatkan pembelajaran
keterampilan lari jarak pendek pada siswa?. Adapun tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa melalui pembelajaran lari jarak
pendek menggunakan pendekatan permainan lari bola keranjang.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Canden Kec. Sambi, Kabupaten
Boyolali, penelitian ini melibatkan semua siswa kelas IV yang berjumlah 12 siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus
dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi
(pengamatan) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan penilaian pengamatan sikap keaktifan siswa, penilaian ketuntasan
hasil belajar,.
Hasil pengamatan proses pembelajaran yang kaitannya dengan sikap aktivitas
siswa selama mengikuti pembelajaran, yaitu siklus 1 hasil prosentase sebesar 66,67
% dan siklus II hasil prosentase sebesar 91,67 %, ini ada peningkatan sebesar 25,00
%. Berdasarkan perbandingan hasil yang dicapai antara siklus I dan siklus II, secara
keseluruhan nilai yang diperoleh untuk setiap aspek terdapat peningkatan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran lari jarak pendek
menggunakan pendekatan permainan lari bola keranjang mampu meningkatkan
keterampilan siswa. Sedangkan saran dalam penelitian ini adalah siswa diharapkan
untuk meningkatkan semangat belajar. Guru hendaknya terus berusaha untuk
meningkatkan kemampuannya dan juga guru diharapkan lebih inovatif, kreatif
dalam memilih dan menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai
dengan materi pelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif
dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 01:45 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 01:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2832 |