ANALISIS DAMPAK PERILAKU BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA : STUDI KASUS DI SD NEGERI 1 JUWANGI BOYOLALI

Wijayaningrum, Dewi Arum Sekar (2023) ANALISIS DAMPAK PERILAKU BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA : STUDI KASUS DI SD NEGERI 1 JUWANGI BOYOLALI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DEWI ARUM SEKAR WIJAYANINGRUM 19120182.pdf] Text
DEWI ARUM SEKAR WIJAYANINGRUM 19120182.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

DEWI ARUM SEKAR WIJAYANINGRUM. NPM 19120182. “Analisis
Dampak Perilaku Bullying terhadap Kepercayaan Diri Siswa : Studi Kasus di SD
Negeri 1 Juwangi Boyolali”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
pemahaman siswa mengenai dampak perilaku bullying serta faktor kurangnya
kepercayaan dalam diri siswa menyebabkan terjadinya perilaku bullying di
lingkungan anak-anak terutama di sekolah dasar. Ditambah dengan kurangnya
perhatian guru terhadap perundungan yang terjadi di sekolah seperti masih
menganggap bahwa bullying hanyalah lelucon dan hanya kenakalan anak pada
umumnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apa saja bentuk-bentuk
bullying yang terjadi di SD Negeri 1 Juwangi Boyolali?, 2) Bagaimana dampak
negatif dan dampak positif perilaku bullying terhadap kepercayaan diri siswa di SD
Negeri 1 Juwangi Boyolali?, 3) Bagaimana penanganan bullying di SD Negeri 1
Juwangi Boyolali? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
menganalisis bentuk-bentuk bullying, dampak bullying terhadap kepercayaan diri
siswa, dan untuk mengetahui bentuk penanganan bullying di SD Negeri 1 Juwangi
Boyolali.
Jenis Penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain studi
kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu data dari hasil observasi,
wawancara, pemberian angket dan dokumentasi. Angket diberikan kepada pelaku
dan korban bullying. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru
kelas III, IV, V, dan siswa kelas III, IV, V yang terlibat dalam kasus bullying
sebagai korban atau pelaku bullying. Keabsahan data dalam penelitian ini adalah
triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Metode analisis data yang digunakan
yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk bullying yang terjadi di
SD Negeri 1 Juwangi Boyolali adalah bullying verbal seperti menghina, mengejek,
dan memanggil dengan sebutan nama orang tua. Bullying fisik berupa memukul,
melempar barang, dan memalak. Bullying relasional seperti pengucilan dan
pengabaian, selain itu terdapat bullying pelecehan seksual seperti menarik rok siswa
perempuan. Dari perilaku bullying menimbulkan dampak negatif yaitu kepercayaan
diri bisa menurun hingga menimbulkan dampak yang berkelanjutan bagi korban
bullying, namun juga terdapat dampak positif yang dapat dilihat dari kepercayaan
diri siswa yang cukup tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar
mewujudkan dan mengupayakan penyelenggaraan sekolah ramah anak yang
nantinya diharapkan dapat mempunyai program untuk mendampingi korban
bullying dengan membentuk Pusat Layanan Konseling Anak sebagai langkah
represif supaya korban bullying tidak mengalami dampak berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:13
Last Modified: 05 Jan 2024 02:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item
View Item