PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 WINONG KABUPATEN PATI

Pramono, Marthanto Bayu Aji (2022) PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN BOLA VOLI TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PJOK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 WINONG KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Permainan bolavoli merupakan salah satu materi pembelajaran dalam kurikulum
penjasorkes kelas VIII di SMP Negeri 1 Winong. Salah satu upaya untuk menarik siswa
dalam permainan bolavoli adalah dengan memodifikasi permainan untuk menuntun,
mengarahkan dan membelajarkan siswa dari yang tadinya tidak bisa menjadi bisa. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan bolavoli terhadap
motivasi siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Winong
Kabupaten Pati.
Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian yaitu di
SMP Negeri 1 Winong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Waktu penelitian Bulan Maret
tahun 2021. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Winong
Pati tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 190 siswa dari 9 kelas. Teknik sampling
menggunakan sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modifikasi permainan bolavoli dapat
berpengaruh terhadap motivasi siswa mengikuti pembelajaran permainan bola voli
karena terdapat faktor kesehatan sebesar 65,79%, perhatian sebesar 54,74%, minat
sebesar 64,21%, metode mengajar 65,79%, alat pembelajaran sebesar 78,95%,
orang tua sebesar 70,53%, teman bergaul sebesar 65,79%,
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa moodifikasi
permainan bola voli dapat berpengaruh terhadap motivasi siswa dalam
pembelajaran PJOK di SMPN 1 Winong, Pati dari faktor yang paling tinggi yaitu
alat pembelajaran, selanjutnya orang tua, sedangkan untuk kesehatan, metode
mengajar dan teman bergaul mendapat persentase yang sama, selanjutnya minat,
dan yang paling rendah adalah perhatian. Berdasarkan hasil penelitian penulis
memberikan saran antara lain : 1) Bagi siswa, motivasi belajar dari faktor
instrinsik maupun ekstrinsik sebaiknya terus dijaga dan ditingkatkan agar proses
pembelajran PJOK dapat berlangsung dengan baik dan lancar. Bagi guru,
sebaiknya memperhatikan motivasi siswa, secara instrinsik dan ekstrinsik. Guru
perlu menggunakan metode mengajar yang bervariasi dan alat/media
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan karateristik materi pembelajaran.
Kata kunci : modifikasi, bolavoli, motivasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:05
Last Modified: 14 Mar 2024 07:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2814

Actions (login required)

View Item
View Item