PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HYPNOTECHING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK PADA SISWA KELAS X SMK ISLAM DIPONEGORO LOSARI

Santoso, Akmad (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HYPNOTECHING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK PADA SISWA KELAS X SMK ISLAM DIPONEGORO LOSARI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Akmad Santoso 18230076.pdf] Text
Akmad Santoso 18230076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Akmad Santoso “Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis
hypnoteaching dan problem based learning berbasis video untuk meningkatkan
hasil belajar lari jarak pendek pada siswa kelas x smk islam diponegoro losari”
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas
PGRI Semarang, 2022.
Penelitian ini di latar belakangi oleh masih banyaknya hasil belajar lari jarak
pendek siswa yang di bawah rata-rata, serta model pembelajaran yang kurang
kreatif dan inovatif sehingga tidak diminati oleh siswa. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajran problem based learning
berbasis hypnoteaching dan model pembelajaran problem based learning berbasis
video terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMK Islam Diponegoro
Losari.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, metode eksperimen, dengan two design
pretest posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
TBSM 1 dan TBSM 2 SMK Islam Diponegoro Losari yaitu sebanyak 56 orang.
Uji persyaratan data menggunaka uji normalitas dan homogenitas. Pengujian
hipotesis menggunakan uji t-test.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil perhitungan dari hasil kedua
kelompok diperoleh nilai t hitung kelompok model pembelajaran problem based
learning berbasis hpnoteaching dan video adalah sebesar 0,387 dan nilai mean
differentce 0,321 dengan sig. 2-tailed 0,700. Maka didapatkan hasil nilai sig.2
tailed >0,05 atau 0,700 > 0.05 dengan kata lain dalam model pembelajaran
problem based learning hypnoteaching mengalami peningkatan 19,5% sedangkan
hasil belajar lari jarak pendek model pembelajran problem based learning
berbasis video mengalami peningkatan 21,2% terhadap hasil belajar lari jarak
pendek.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh peningkatan hasil belajar
lari jarak pendek pada model pembelajaran problem based learning berbasis
hypnoteaching dan problem based learning berbasis video pada siswa kelas X
SMK Islam Diponeogoro Losari, model pembelajaran problem based learning
berbais video lebih baik dari pada hypnoteaching. Saran, penerapan model
pembelajaran PBL berbasis Video dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa.
Kata Kunci : model pembelajaran, lari jarak pendek, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:49
Last Modified: 14 Mar 2024 06:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2802

Actions (login required)

View Item
View Item