PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOORPERATIF TIPE TGT DAN STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS VII SMPN 1 BANYUPUTIH

Insani, Akbar (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOORPERATIF TIPE TGT DAN STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS VII SMPN 1 BANYUPUTIH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AKBAR INSANI 18230115.pdf] Text
AKBAR INSANI 18230115.pdf

Download (4MB)

Abstract

AKBAR INSANI. NPM 18230115. “Penerapan Model Pembelajaran Koorperatif Tipe TGT
dan STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pasing Bawah Bola Voli Siswa Kelas VII SMPN 1
Banyuputih”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing
I Utvi Hinda Zhannisa, S.Pd., M.Or Pembimbing II Galih Dwi Pradipta, S.Pd., M.Or. Oktober.
2022.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas VII SMPN 1 Banyuputih memiliki nilai yang
rendah tentang materi bola voli khususnya pasing, yaitu terdapat siswa yang belum memenuhi
kriteria atau bekum menunjukan hasil yang diharapkan. Hasil belajar peserta didik sebagian besar
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70.
model pembelajaran TGT dan STAD masih jarang digunakan dan masih banyaknya siswa yang
melakukan kesalahan saat melakukan gerakan teknik dasar pasing bawah bola voli.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bentuk quasi experiment dengan desain
Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Banyuputih dengan
jumlah 89 siswa dan sampel pada penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas VII A dan 29 siswa kelas
VII B dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling.
Pengujian hipotesis tentang model pembelajaran TGT mampu meningkatkan hasil belajar
pasing bawah bola voli pada siswa kelas VII SMPN 1 Banyuputih diperoleh nilai signifikan
sebesar 0,000 < 0,05 (signifikan). Pengujian hipotesis tentang model pembelajaran STAD mampu
meningkatkan hasil belajar pasing bawah bola voli pada siswa kelas VII SMPN 1 Banyuputih
diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 (signifikan
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT mampu meningkatkan
hasil belajar pasing bawah bola voli pada siswa kelas VII SMPN 1 Banyuputih. Model
Pembelajaran STAD mampu meningkatkan hasil belajar pasing bawah bola voli pada siswa kelas
VII SMPN 1 Banyuputih. Saran untuk guru VII SMPN 1 Banyuputih untuk menerapkan model
pembelajaran TGT dan STAD dalam proses pembelajaran pasing bawah bola voli karena
berdasarkan hasil uji bahwa model ini mampu meningkatkan hasil belajar. Mengembangkan model
pembelajaran yang lain sehingga mampu meningkatkan hasil belajar yang lebih baik.
Kata kunci: Hasil belajar, TGT, STAD, Bola voli

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:37
Last Modified: 14 Mar 2024 06:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2794

Actions (login required)

View Item
View Item