KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI KELAS V SD NEGERI 01 MANGGUNGSARi

NOVIAN, DENI (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI KELAS V SD NEGERI 01 MANGGUNGSARi. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Deni Novian 18230219 .pdf] Text
Deni Novian 18230219 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

DENI NOVIAN NPM 18230219. “Keefektifan Model Pembelajaran Problem
Solving Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Kelas V SD Negeri 1
Manggungsari”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan
Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan
Universitas PGRI Semarang. 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan mahasiswa tentang
minimnya pencapaian hasil belajar passing bawah bola voli di Kelas V SDN 1
Manggungsari, yang disebabkan kurangnya pemahaman tentang teori dasar
passing bawah bola voli, guru belum menerapkan berbagai model pembelajaran
sa’at mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “keefektifan model
pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar passing bawah bola voli
kelas V SD Negeri 1 Manggungsari ”.
Penelitian ini merupakan Jenis penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre
Experimental One Group Pretest-posttest Design. Populasi adalah seluruh siswa
Kelas IV, V, dan VI SD Negeri 1 Manggungsari 2022/2023 berjumlah 66 siswa.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan penelitian ini simple random
sampling, sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri 1
Manggungsari 2022/2023 berjumlah 23 siswa. Analisis data menggunakan uji t
dengan bantuan Microsoft excel.
Nilai rata-rata pretest dan posttest yang digunakan sebagai nilai aspek
kognitif dari 57,04 kemudian mencapai 82,08 peningkatan nilai rata-rata hasil
belajar aspek kognitif yaitu 25,04%. Terdapat pula lembar penelitian sikap dan
keterampilan yang digunakan sebagai penilaian afektif dan psikomotor.
Berdasarkan perhitungan, tampak perbedaan rata-rata nilai aspek afektif pada
pretest dan posttest dari 68,5 kemudian mencapai 79 peningkatan nilai rata-rata
hasil belajar aspek afektif yaitu 10,5%. Begitu juga dengan rata-rata nilai aspek
psikomotor pada pretest dan posttest dari 54,8 kemudian mencapai 77,5
peningkatan nilai rata-rata hasil belajar aspek psikomotor yaitu 22,7%. Hal ini
menunjukan bahwa nilai rata-rata aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek
psikomotor mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar passing bawah bola
voli meningkat sebesar 19,22%.
Dengan demikian dapat disimpulkan sebagai berikut: model pembelajaran
problem solving efektif terhadap hasil belajar passing bawah bola voli kelas V SD
Negeri 1 Manggungsari. Saran dari peneliti untuk pembaca, penelitian ini dapat
dijadikan salah satu referensi jika nantinya ingin meneliti dengan model
pembelajaran yang sama atau sejenis.
Kata kunci: Keefektifan, Passing Bawah Bola Voli, Hasil Belajar, Model
Pembelajaran Problem Solving

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:25
Last Modified: 14 Mar 2024 04:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2764

Actions (login required)

View Item
View Item