ANALISIS GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENJAS SISWA DI SMK KRISTEN NUSANTARA KUDUS

Darmawan, Darmawan (2022) ANALISIS GAME ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENJAS SISWA DI SMK KRISTEN NUSANTARA KUDUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DARMAWAN 17230292 .pdf] Text
DARMAWAN 17230292 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Darmawan. “Analisis Game Online Terhadap Prestasi Belajar Penjas Siswa di
SMK Kristen Nusantara Kudus”. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan
Rekreasi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan.
Universitas PGRI Semarang, 2022.
Penelitian ini di latar belakangi maraknya perkembangan game online
dikalangan peserta didik, diera globalisasi sekarang ini berkembang sangat pesat
dan teknologi semakin canggih yang mengakibatkan dapat memberikan dampak
negatif pada prestasi belajar penjas peserta didik. Kemajuan teknologi terutama
pada game online, sehingga penulis tertarik meneliti lebih lanjut mengenai dampak
peserta didik yang kecanduan game online, berapa besar tingkat pengaruh game
online tersebut pada prestasi belajar penjas peserta didik di SMK Kristen Nusantara
Kudus.
Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran pada dunia pendidikan
dampak negatif game online tersebut pada prestasi belajar penjas peserta didik di
SMK Kristen Nusantara Kudus.
Metode penelitian kuantitatif berbentuk analisis statistik deskriptif dan
frekuensi, pengumpulan data dengan metode angket skala likert, guna
mengumpulkan data terhadap kecanduan game online. Pengumpulan data prestasi
belajar penjas peserta didik dengan dokumentasi dan nilai rata-rata rapor dalam 1
semester terakhir. Pengolahan data menggunakan program SPSS, dengan rumus
regresi linear sederhana.
Hasil penelitian memperoleh hasil uji statistik F hitung sebesar 10,933 dengan
nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05. Dan uji Fmemperoleh nilai beta 0,636 ke arah positif
dengan tingkat signifikansi 0,002 < 0,05 maka Ha diterima.
Kesimpulan penelitian adalah data signifikan sebesar 0,002< 0,05. Sehingga
dapat disimpulkan Ha dalam penelitian ini mampu menolak Ho yang berarti Ha
diterima yang artinya game online memberikan pengaruh terhadap penurunan
prestasi belajar penjas.
Kata Kunci: Game Online dan Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:22
Last Modified: 14 Mar 2024 04:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2762

Actions (login required)

View Item
View Item