PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL DAN VISUAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI MATERI LOMPAT KANGKANG DI SMAN 1 WIRADESA

Huda, Reza Miftakhul (2023) PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL DAN VISUAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI MATERI LOMPAT KANGKANG DI SMAN 1 WIRADESA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Reza Miftakhul Huda 17230124.pdf] Text
Reza Miftakhul Huda 17230124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan survey di SMAN 1 Wiradesa yang
mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang masih bersifat tradisional
sedangkan media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan
untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan atau
keterampilan pelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar
mengajar, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh
penggunaan media visual (gambar) dan audiovisual (video) terhadap hasil belajar
siswa dalam senam lantai melalui lompat kangkang pada siswa kelas XI SMAN 1
Wiradesa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Desain penelitian
yang digunakan pada penelitian ini adalah two grup pretest-posttest design.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media
pembelajaran visual dan audiovisual. Sempel penelitian dibagi menjadi dua
kelompok yaitu kelompok pertama menggunakan perlakuan pembelajaran visual
dan kelompok kedua diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran
audiovisual.
Analisis data menghasilkan t hitung > t tabel, yang didasarkan pada
temuan penelitian dan perdebatan (1,697). hasil nilai sig.2-tailed > 0,05 atau
0,094 > 0,05 Kemudian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang
signifikan dari peningkatan hhasil belajar siswa pada pembelajaran senam lantai
lompat kangkang siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wiradesa antara pemberian
treatmen atau perlakuan dengan model pembelajaran media visual dan media
audio visual.
Kesimpulannya yaitu terdapat peningkatan hasil belajar senam lantai
materi lompat kangkang kelas XI SMA Negeri 1 Wiradesa melalui treatment
audiovisual (video) lebih tinggi dibandingkan dengan treatment visual (gambar)
dengan saran bagi siswa agar lebih berusaha meningkatkan hasil belajarnya serta
pengetahuan mengenai materi senam lantai lompat kangkang sehingga akan
meningkatkan hasil belajar siswa
Kata kunci : Media Audiovisual, Visual, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:05
Last Modified: 05 Jan 2024 02:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item
View Item