Widiyanto, Arif (2022) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Arif Widiyanto 17230073.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Arif Widiyanto. “Efektifitas model pembelajaran STAD (Student Teams
Achievement Division) dan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar
senam lantai pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal”.
Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang, 2022.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dengan guru
Penjasorkes bahwa disekolah tersebut masih belum menerapkan model
pembelajaran STAD dan model pembelajaran Jigsaw, proses pembelajaran
pendidikan jasmani materi senam lantai guru menggunakan model pembelajaran
konvensional dengan metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah model pembelajaran STAD dan model pembelajaran Jigsaw
berpengaruh terhadap hasil belajar senam lantai pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pendekatan
kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan didapat 2
kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas STAD dengan jumlah siswa sebanyak 31
dan kelas VIII B sebagai Jigsaw dengan jumlah siswa sebanyak 32. Teknik
analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas,
uji paired sample t-test, dan uji independent sample t-test dengan bantuan
software SPSS 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : terdapat pengaruh model
pembelajaran STAD terhadap hasil belajar senam lantai pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal meningkat sebesar 7,97%. Terdapat
pengaruh model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar senam lantai pada
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal meningkat sebesar
8,34%.
Berdasarkan hasil data diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan model
pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar senam lantai pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal. Dan model pembelajaran Jigsaw
lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran STAD (Student Teams
Achievement Division) terhadap hasil belajar senam lantai pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Sukorejo Kabupaten Kendal.
Kata kunci : STAD, Jigsaw, Hasil Belajar, Senam Lantai
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:02 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2715 |