MENINGKATKAN AKTIVITAS FISIK DAN KENYAMANAN GERAK SISWA DENGAN PEMBERIAN TUGAS GERAK MANDIRI SECARA TERSTRUKTUR BERBASIS APLIKASI

Andryanto, Ari (2022) MENINGKATKAN AKTIVITAS FISIK DAN KENYAMANAN GERAK SISWA DENGAN PEMBERIAN TUGAS GERAK MANDIRI SECARA TERSTRUKTUR BERBASIS APLIKASI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ARI ANDRYANTO 17230036.pdf] Text
ARI ANDRYANTO 17230036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Ari Andryanto. “Meningkatkan aktivitas fisik dan kenyamanan gerak siswa
dengan pemberian tugas gerak mandiri secara terstruktur berbasis aplikasi”
Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragan Universitas PGRI Semarang, 2022.
Penelitian ini masih rendah, siswa banyak mengalami hambatan dalam
aktivitas fisik dan kenyamanan gerak siswa dalam pembelajaran penjas daring.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas gerak
siswa secara terstruktur terhadap tingkat aktifitas fisik dan kenyamana gerak siswa
dalam pembelajaran penjas.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif
menggunakan pretest posttest “Control Group Design”, Teknik pengambilan
sampel yang dilakukan oleh peneliti adalah Simple Random Sampling. Dalam
penelitian ini sampel yang terpilih adalah 1 kelas kontrol yaitu kelas X IPS 3 dan 1
kelas eksperimen yaitu kelas X IPS 4. Jadi total jumlah yang peneliti lakukan
yaitu 2 kelas kurang lebih 70 siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : di peningkatan aktivitas fisik kelas
eksperimen positive ranks atau selisih positive antara hasil peningkatan aktivitas
fisik untuk pre-test kelas eksperimen dan post-test kelas eksperimen terdapat 25
siswa mengalami kenaikan atau peningkatan aktivitas fisik, mean rank atau rata
rata peningkatan tersebut sebesar 21.56, sedangkan jumlah rangking positive
sebesar 539.00 sedangkan dipeningkatan kenyamanan gerak siswa dengan tugas
secara terstruktur di kelas eksperimen . dimana rata rata hasil pre-test 58.86 dan
hasil post-test 86.61 mengalami banyak peningkatan sebesar 27.75 .
Kesimpulan data diatas yaitu terdapat pengaruh pemberian tugas gerak
mandiri secara terstruktur berbasis aplikasi terhadap peningkatan aktivitas fisik
dan kenyamanan gerak siswa, saran dalam penelitian ini diharapkan terdapat
penelitian lebih lanjut dengan sampel penelitian yang lebih besar, agar dapat
relevan dengan disiplin ilmu keolahragaan.
Kata Kunci : Tugas terstruktur , Aktivitas Fisik , Kenyamanan Gera

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:52
Last Modified: 14 Mar 2024 02:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2709

Actions (login required)

View Item
View Item