Nurcahyono, Fadli (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN BOLA GANTUNG TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG KELAS VII DI SMP N 1 KELING. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
FADLI NURCAHYONO 17230070.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Fadli Nurcahyono, “Pengaruh Media Pembelajaran dengan Bola Gantung
terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung Kelas VII di SMPN 1
Keling”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Keolahragaan
Universitas Pgri Semarang, 2022.
Penelitian ini dilator belakangi hasil observasi pembelajaran terhadap guru
olahraga bahwa disekolah tersebut proses pembelajaran penjasorkes kurang
bervariatif menjadikan tingkat antusias dan motivasi siswa untuk mengikuti
pembelajaran berkurang dan menjadikan antusias siswa berkurang. Tujuan
penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan media bola gantung terhadap
hasil belajar lompat jauh gaya menggantung pada siswa kelas VII SMP Negeri 1
Keling Kabupaten Jepara.
Penelitian ini menggunakan metode teknik eksperiment menggunakan
Two Group Pretest – Posttest Design dengan tehnik random sampling yang
terdapat 2 kelas yaitu kelas VII E dengan jumlah siswa 32 sebagai kelas control
dan kelas VII H dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas treatment. Teknik analisis
data yang digunakan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji
paired sample-test dengan bantuan software SPSS 22.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh media
pembelajaran dengan bola gantung terhadap hasil belajar lompat jauh gaya
menggantung dengan hasil presentase siswa posttest kelas VII E sebagai kelas
control sebesar 70.09 dengan standar deviasi sebesar 6.23. Sedangkan nilai rata
rata posttest lompat jauh kelas VII H sebagai treatment diperoleh 78,25 dengan
standar deviasi sebesar 5,32. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap media pembelajaran
dengan bola gantung terhadap hasil belajar lompat jauh gaya menggantung
dengan ketahui bahwa nilai rata rata posttest lompat jauh kelas control diperoleh
sebesar 28.95 %, adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VII H sebagai kelas
treatment sebesar 29,21%. Pembelajaran lompat jauh gaya menggantung dengan
media bola gantung sangat efisian untuk meingkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Bola Gantung, Lompat Jauh, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 08:03 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 08:03 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2663 |