PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN

Muzakiroh, Eva (2022) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of EVA MUZAKIROH 15320122.pdf] Text
EVA MUZAKIROH 15320122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang berpusat pada guru menjadikan siswa kurang
terlibat dalam proses pembelajaran, interaksi antara siswa dan guru kurang terjalin
dan pemahaman siswa terhadap materi kurang, sehingga hasil belajar dan keaktifan
siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan
dan hasil belajar kognitif siswa dengan menerapkan model pembelajaran Team
Assisted Individualization dan Jigsaw pada materi sistem pencernaan manusia.
Penelitian ini dilaksanakan di MTS AL Hikmah Proto Kedungwuni Kabupaten
Pekalongan. Penelitian ini berjenis eksperimen semu dengan desain non equivalent
group pretes-posttest.Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu
kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran
Team Assisted Individualization dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen II
menggunakan model pembelajaran Jigsaw.Pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling sampling dengan jenis cluster sampling. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t.
pada kelas eksperimen I saat pretest diperoleh L0 =0,032 dan pada posttest L0 = 0,002.
Sedangkan pada kelas eksperimen II saat pretest diperoleh L0= 0,029 dan pada
posttest L0 = 0,006. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa data
kedua kelompok sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Kesimpulan dari
penelitian ini yaitu terdapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa pada
materi sistem pencernaan pada manusia dengan menggunakan model Team Assisted
Individualization dan Jigsaw di mana model pembelajaran Jigsaw memiliki nilai
tertinggi untuk keaktifan belajar sebesar79,5 dan hasil belajar kognitif siswasebesar
81,8 %.
Kata Kunci : Team Assisted Individualization, Jigsaw, Keaktifan, HasilBelajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 07:59
Last Modified: 08 Mar 2024 07:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2658

Actions (login required)

View Item
View Item