SARI, REFIANA ARVENDIA (2023) ANALISIS KETERAMPILAN BERTANYA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN KELAS IV SD N KAUMAN 03 BATANG SEMESTER GASAL TAHUN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
REFIANA ARVENDIA SARI 19120379.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih banyak siswa
yang mengalami kesulitan dalam keterampilan bertanya. Sehingga peneliti ingin
melihat lebih dalam apa saja faktor yang menyebabkannya. Hal ini menjadi daya
tarik peneliti untuk mengetahui lebih lanjut.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Kesulitan apa saja yang
dihadapi siswa SD N Kauman 03 Batang dalam kegiatan bertanya di kelas saat
pembelajaran berlangsung? (2) Apa saja hambatan yang dialami siswa dalam
keterampilan bertanya pada pembelajaran IPAS Bentuk dan Fungsi Bagian
Tubuh Tumbuhan kelas IV SD N Kauman 03 Batang? Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini yaitu (1) Menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa
dalam keterampilan bertanya kelas IV SD N Kauman 03 Batang. (2)
Mendeskripsikan keterampilan bertanya siswa dan apa saja hambatan yang
dialami siswa dalam kemampuan bertanya siswa kelas IV SD N Kauman 03
Batang.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Sumber data pada penelitian ini bersumber dari guru dan siswa.
Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara guru dan
siswa dan tes. Metode analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterampilan bertanya
siswa kelas IV SD N Kauman 03 Batang pada saat guru memberikan kesempatan
bertanya kepada siswa, hanya 5 siswa dari 20 yang bertanya, masalah tersebut
menjadikan salah satu penyebab rendahnya keterampilan bertanya. (2) Faktor
penghambat yang menyebabkan siswa kelas IV mengalami kesulitan bertanya
yaitu faktor internal yang meliputi (a) Minat siswa terhadap pelajaran IPAS, (b)
penguasaan siswa terhadap materi, (c) rasa percaya diri siswa, (d) kesehatan
siswa. Faktor eksternal meliputi (a) metode pengajaran yang digunakan guru, (b)
dukungan temen dalam pembelajaran, (c) suasana yang mendukung
pembelajaran, (d) media yang digunakan saat pembelajaran.
Berdasarkan penelitian ini, saran yang disampaikan kepada guru yaitu (1)
Guru hendaknya menyajikan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, melalui
model atau metode belajar yang variatif guna menunjang keefektifan siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 01:56 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 01:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/261 |