Karimah, Luluk (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN MEMASUKAN LITERASI SAINS PADA MATERI TERMODINAMIKA KELAS XI SISWA SMA/MA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Luluk Karimah 17330021.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis kontekstual
dengan memadukan literasi sains pada materi termodinamika kelas XI SMA/MA.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan
(Research and Development) yang meliputi potensi dan masalah, mengumpulkan
informasi, desain produk, validasi produk, dan revisi produk Subjek dalam
penelitian ini adalah bahan ajar fisika SMA/MA KELAS XI semester 2. Hasil
pengembangan berupa bahan ajar fisika bermuatan literasi sains yang berupa
penilaian dari validator ahli. Penilaian ahli materi memperoleh penilaian 85%
dengan kategori “sangat layak”. Ahli media memperoleh penilaian 82% dengan
kategori “sangat layak”. Hasil penilaian ahli pembelajaran (praktisi) memperoleh
nilai 71% dengan kategori “layak”. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar
berbasis kontekstual dengan memadukan literasi sains ini layak digunakan setelah
melalui proses revisi.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Fisika, Literasi Sains
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 04:22 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 04:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2567 |