KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ETNO-STEM TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 03 SURU

MUSRIBATUN, JANATUN (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ETNO-STEM TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 03 SURU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of JANATUN MUSRIBATUN 19120002.pdf] Text
JANATUN MUSRIBATUN 19120002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Janatun Musribatun. 2023. Keefektifan Model Pembelajaran ETNO-STEM
Terhadap Kemampuan Kolaborasi Siswa Pada Mata pelajaran IPAS di Kelas V
SD Negeri 03 Suru. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I. Duwi Nuvitalia,
Pembimbing II. M. Yusuf Setia W
Kemampuan kolaborasi siswa ketika diberikan kerja kelompok nampak
siswa kesulitan berkomunikasi dengan teman kelompoknya, hanya beberapa siswa
saja yang aktif mengerjakan tugas yang diberikan. Hal tersebut disinyalir karena
guru dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan model atau langkah-langkah
yang kurang inovatif dan bersifat monoton, sehingga siswa tidak tertarik pada
materi pelajaran yang diajarkan. Fenomena ini merupakan permasalahan yang
menuntut segera dicari penyelesaiannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan
yaitu dengan menerapkan model pembelajaran ETNO-STEM. ujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran ETNO-STEM
efektif dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa pada mata pelajaran
IPAS Kelas V SD Negeri 03 Suru. Jenis penelitian yang dilakukan adalah
penelitian “Quasi Eksperimen”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik
analisis data menggunakan uji Paired Sampel t-test. Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat
disimpulkan bahwa Model ETNO-STEM efektif terhadap meningkatkan
kemampuan kolaborasi siswa pada mata pelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 03
Suru Tahun Pelajaran 2023/2024 diperoleh nilai thitung sebesar 7,608. Nilai thitung
tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5 % dengan
Derajat Kebebasan (DK)= N-1 atau 23 – 1 = 22 dimana diperoleh ttabel = 2,074
ternyata thitung = 4,63> ttabel = 2,074, sedangkan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000
sehingga p<0,05 yang berarti menerima hipotesis. Saran yang dapat disampaikan
pada penelitian ini adalah dapat menjadi referensi untuk meningkatkan kearifan
lokal yang ada di sekitar sekolah dan daerah tempat tinggal siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, ETNO-STEM, Kemampuan Kolaborasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 01:50
Last Modified: 05 Jan 2024 01:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item
View Item