ISTIGHFAROH, DZIKRINA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS ANAK MELALUI MR. SIMON GAME PADA KELOMPOK PG DI PG-TK SEMESTA KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DZIKRINA ISTIGHFAROH 19156074.pdf
Download (1MB)
Abstract
Istighfaroh, Dzikrina . NPM 19156074 .PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS
ANAK MELALUI MR. SIMON GAME PADA KELOMPOK PG DI PG-TK SEMESTA KECAMATAN
TEMBALANG KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang. UPGRIS
Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pembelajaran anak usia 3-4 tahun di
kelompok PGdi PG-TK Semesta Semarang yang ditemukan adanya permasalahan tentang penerimaan
bahasa Inggris anak yang belum maksimal. Dari 15 anak usia 3-4 tahun ada 12 anak yang belum berani
berkomunikasi dengan teman atau guru menggunakan bahasa Inggris. Ketika bermain anak hanya diam
dan belum mengkomunikasikan keinginan anak terhadap teman atau guru. Oleh karena itu, guru
menggunakan permainan Mr. Simon Game untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak.
Permainan ini dilakukan saat kegiatan opening setiap harinya. Sehingga sangatpentingbagipeneliti untuk
mencoba menerapkan penggunaan permainanMr. Simon Game dalam meningkatkankemampuan
berbahasa anak kelompok PG di PG-TK Semesta. Untuk mengetahui seberapa jauh permainan Mr. Simon
Game dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, maka perlu diadakan penelitian tindakan kelas
Tahun Pelajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu yang dimulai dari Minggu ke-1 tanggal 24 November2021
sampai 26 November2021, Minggu ke-2 tanggal 29 November 2021 sampai 1 Desember 2021. Subyek
penelitian adalah anak kelompok KB yang berjumlah 15 anak. Prosedur penelitian menggunakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus.
Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu
1) Membuat perencanaan,
2) Melakukan tindakan,
3) Mengadakan pengamatan tindakan,
4) Merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan.
Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik
diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa Inggris anak dapat
ditingkatkan melalui permainan Mr. Simon Game. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah anak
yang menunjukkan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris dalam setiapkali pertemuan baik dalam
siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 2 anakatau 13% yang menunjukan kemampuan
bahasa Inggris dengan penilaian baik. Sedangkan akhir tindakan 12 anak atau 80% yang dapat
menunjukkan kemampuan bahasa Inggris dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan berbahasa Inggris kelompok PGdi PG-TK Semesta Tahun
Pelajaran 2021/2022 dapat ditingkatkan melalui permainan Mr. Simon Game.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 03:02 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 03:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2512 |