PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BERBASIS OUTBOND DALAM MENANAMKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA KELAS IV

PUTRI, ANGELIA BERTA (2023) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BERBASIS OUTBOND DALAM MENANAMKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA KELAS IV. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANGELIA BERTA PUTRI 19120217.pdf] Text
ANGELIA BERTA PUTRI 19120217.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya aktivitas gerak pada siswa,
kemudian pilihan permainan outbound untuk siswa yang kurang beragam, dan
belum adanya inovasi baru untuk menanamkan karakter rasa ingin tahu pada
siswa. Dengan melakukan permainan yang dikembangkan oleh peneliti dan
menambah ide-ide lain yang dibuat didalam sebuah permainan tersebut
diharapkan dapat menanamkan karakter rasa ingin tahu siswa.
Permasalahan dalam penelitian adalah Bagaimana pengembangan model
permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter rasa ingin tahu siswa
di Kelas IV? Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan
berbasis outbound dalam menanamkan karakter rasa ingin tahu siswa.
Jenis peneltian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau
(Research & Development). Model pengembangan yang digunakan adalah Borg
and Gall. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Wedarijaksa 03
dan sampel yang diambil 14 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini
adalah data ahli materi, data ahli media, angket tanggapan guru kelas, angket
tanggapan guru olahraga, angket tanggapan siswa dan angket tanggapan observer.
Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian ini yaitu menghasilkan modul permainan berbasis
outbound dalam menanamkan karakter rasa ingin tahu siswa di Kelas IV. Hasil
penilaian kelayakan modul permainan berbasis outbound dibuktikan dengan hasil
validasi ahli media sebesar 87% dan ahli materi sebesar 93%. Diperoleh hasil
persentase dari angket respon guru kelas sebesar 94%, angket respon guru
olahraga sebesar 94%, angket respon siswa sebesar 86% dan angket respon
observer sebesar 95%. Kesimpulan modul permainan berbasis outbound dalam
menanamkan karakter rasa ingin tahu siswa di Kelas IV yang dikembangkan
efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model permainan berbasis outbound dalam menanamkan karakter rasa
ingin tahu siswa dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam
mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:54
Last Modified: 04 Jan 2024 04:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item
View Item