KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 1 GUYANGAN

SEJATI, AHMAD SANUBARI PANDU (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 1 GUYANGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AHMAD SANUBARI PANDU SEJATI 19120371.pdf] Text
AHMAD SANUBARI PANDU SEJATI 19120371.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah belum diterapkannya
pembelajaran yang inovatif dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran
sehingga kurang menarik perhatian siswa yang mengakibatkan siswa tidak terlibat
aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran
STEM efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS
kelas IV SDN 1 Guyangan? Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui keefektifan model pembelajaran STEM untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV di SDN 1 Guyangan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan
Pre Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN
1 Guyangan. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN 1 Guyangan yang
terdiri dari 30 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah mengggunakan
sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi,
tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada analisis awal adalah
uji normalitas. Analisis akhir menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji
ketuntasan belajar.
Rata-rata hasil belajar siswa yang menunjukkan pembelajaran tanpa
menggunakan model pembelajaran STEM (pre-test) sebanyak 50,13%. Sedangkan
rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan (post-test) dengan
menggunakan model pembelajaran STEM sebanyak 80,93%. Hal tersebut
diperkuat dengan hasil perhitungan uji t berpasangan dapat disimpulkan bahwa uji
t berpasangan pada hasil pre-test dan post-test menghasilkan nilai signifikansi 0,001
< 0,05 maka H 0 ditolak dan H a diterima atau dapat dikatakan bahwa model
pembelajaran STEM efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPAS kelas IV di SDN 1 Guyangan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan
hendaknya guru supaya menggunakan model pembelajaran STEM digunakan
dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: STEM, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:39
Last Modified: 04 Jan 2024 04:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item
View Item