EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTU GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG

JUNIATI, LENI (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTU GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LENI JUNIATI 18330025.pdf] Text
LENI JUNIATI 18330025.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTU GOOGLE
CLASSROOM SEBAGAI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANGRAYUNG
Leni Juniati
NPM 18330025
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran fisika
berbantu Google Classroom sebagai Learning Management System (LMS) untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1
Karangrayung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain
Quasi Eksperimental Design, dengan bentuk Non Equivalent Control Group
Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1
Karangrayung sebanyak 180 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu 2 kelas berjumlah 72 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik
Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes yang
sudah disesuaikan dengan indikator keterampilan berpikir kritis.
Hasil analisis data menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan
berpikir kritis siswa di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hal ini
dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 83,36 tergolong sangat tinggi,
sedangkan kelas kontrol 66,14 yang tergolong sedang. Pada analisis uji t pihak
kanan hasil > yaitu 10,606 > 1,147 dan diperoleh P < 0,05, maka
ditolak dan diterima. Artinya pembelajaran berbantu Google Classroom
sebagai Learning Management System (LMS) efektif untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karangrayung.
Kata kunci : Google Classroom, Keterampilan Berpikir Kritis,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:53
Last Modified: 07 Mar 2024 07:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2443

Actions (login required)

View Item
View Item