ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI TLOGOREJO 1 DEMAK

DEWI, RIZQI KURNIA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI TLOGOREJO 1 DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RIZQI KURNIA DEWI  19120291.pdf] Text
RIZQI KURNIA DEWI 19120291.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah (1) ada siswa yang
belum mengenal huruf, (2) ada siswa yang belum lancar membaca, (3) ada siswa
yang mengeja saat membaca, (4) ada siswa yang diam saat disuruh untuk membaca.
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan
membaca permulaan siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Tlogorejo Demak dan
apa saja faktor pendukung dan penghambat kemampuan membaca permulaan siswa
kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Tlogorejo Demak. Tujuan dalam penelitian ini
adalah menganalisis kemampuan membaca permulaan kelas II Sekolah Dasar
Negeri 1 Tlogorejo Demak dan untuk menganalisis faktor pendukung dan
penghambat kemampuan membaca permulaan siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri
1 Tlogorejo Demak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi dengan siswa kelas II, guru kelas II, dan orangtua siswa kelas II
Sekolah Dasar Negeri Tlogorejo 1 Demak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas II Sekolah Dasar
Negeri Tlogorejo 1 Demak yang berjumlah berjumlah 33 siswa, 12 diantaranya
sudah mampu membaca dengan lancar, 16 diantaranya mampu membaca tetapi
kurang lancar, dan 5 diantaranya belum mampu membaca dengan tepat dan lancar.
Siswa yang memiliki kemampuan membaca kurang lancar hanya mampu membaca
beberapa suku kata, kata, dan kalimat dengan benar dan masih mengeja. Siswa yang
memiliki kemampuan membaca kurang lancar tidak dibiasakan membaca bersama
orangtuanya, tidak percaya diri atau malu ketika diminta untuk membaca di
hadapan teman-temannya, dan tidak mengikuti les atau bimbingan belajar. Faktor
pendukung kemampuan membaca permulaan siswa antara lain yaitu faktor
intelektual dan faktor lingkungan. Sedangkan faktor penghambat kemampuan
membaca permulaan siswa yaitu faktor fisiologis dan psikologis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:39
Last Modified: 02 Feb 2024 02:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2391

Actions (login required)

View Item
View Item