ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA KELAS IV SD NEGERI KARANGTEMPEL KOTA SEMARANG

PUTRI, RIDHA RACHMALIA (2023) ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA KELAS IV SD NEGERI KARANGTEMPEL KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RIDHA RACHMALIA PUTRI 19120353.pdf] Text
RIDHA RACHMALIA PUTRI 19120353.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya perubahan
kurikulum yaitu Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Dan di era
merdeka belajar ini peserta didik dituntut untuk mengembangkan kreativitas dan
potensinya. Salah satu yang dapat menjadi wadah untuk mengembangkan peserta
didik dalam mengembangkan potensinya yaitu melalui pendidikan seni.
Implementasi pendidikan seni di dalam kurikulum merdeka yaitu guru dapat
memilih satu diantara empat pilihan yaitu seni rupa, seni musik, seni tari, dan
teater. Salah satu sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka yaitu SD
Negeri Karangtempel Kota Semarang. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian
untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan keterlaksanaannya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan
pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran seni rupa di kelas IV SD
Negeri Karangtempel Kota Semarang? 2) Bagaimana keterlaksanaan
pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran seni rupa di kelas IV SD
Negeri Karangtempel Kota Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian
ini
adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan
keterlaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran seni rupa di
kelas IV SD Negeri Karangtempel Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini
dilakukan di SD Negeri Karangtempel Kota Semarang tahun ajaran 2022/2023.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pembelajaran di kelas IV,
wawancara kepala sekolah, guru kelas I, dan kelas IV serta dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu perencanaan kurikulum merdeka pada mata
pelajaran seni rupa di kelas IV SD Negeri Karangtempel Kota Semarang sudah
baik dan sesuai dengan surat edaran dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan
Riset, dan Teknologi No. 0574/H.H3/SK.02.01/2023 tentang “Pedoman
Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Kemudian
keterlaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran seni rupa
kelas IV SD Negeri Karangtempel Kota Semarang sudah berjalan dengan baik
karena dilihat dari kesatuan komponen-komponen pembelajaran yang ada sudah
sesuai yaitu antara guru, siswa, tujuan, materi, metode, alat pembelajarn, dan
evaluasi. Membuat pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka di kelas IV SD
Negeri Karangtempel ini berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:02
Last Modified: 02 Feb 2024 02:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2378

Actions (login required)

View Item
View Item