FIRGANIA, WINDI (2023) DAMPAK PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KARAKTER ANAK KELAS V SDN KRENGSENG 01 BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
WINDI FIRGANIA 18120029.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
WINDI FIRGANIA. NPM. 18120029 . Dampak Penggunaan
Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Karakter Anak Kelas V SDN
Krengseng 01. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pmebimbing I ibu Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd.,
Pembimbing II Bapak Drs. Kiswoyo, M.M.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini ini adalah peran guru
dalam menggunakan media sosial sangat kurang sehingga pembelajaran menjadi
monoton dan siswa menjadi bosan dengan pembelajaran yang kurang menarik.
Maka perlu adanya inovasi dalam pengelolaan kelas khususnya dengan
memberikan model pembelajaran yang bisa menarik perhatian siswa untuk lebih
antusias dalam kegiatan proses belajar.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Dampak Penggunaan Aplikasi
Tiktok sebagai media pembelajaran karakter anak kelas V SDN Krengseng 01
Batang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk
mengetahui bagaimana Dampak Penggunaan Aplikasi Tiktok sebagai media
pembelajaran karakter anak kelas V SDN Krengseng 01 Batang.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian penelitian deskriptif kualitatif untuk
menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan
dilapangan berdasarkan observasi dan wawancara serta dokumen lainnya. Objek
dari penelitian ini adalah guru dan siswa SDN Krengseng 01, dan prosedur
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu
mengadakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan tahap akhir
dari analisis data ini adalah mengadakan keabsahan data dengan menggunakan
ketekunan pengamatan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada dampak yang signifikan dalam
penggunaan media tiktok terhadap karakter peserta didik. Dari hasil penelitian
pendahuluan yang dilakukan oleh analis diperoleh hasil yang menyatakan bahwa
pemanfaatan media online tiktok dapat membuat karakter siswa tersebut.
Sehingga media berbasis aplikasi tiktok ini merupakan faktor luar yang membuat
karakter siswa.
Saran-saran yang peneliti tujukan kepada pihak yang terkait seperti guru.
Guru diharapkan lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran dan menggunakan
teknik yang berinovatif.
Kata Kunci: Aplikasi TikTok,Karakter, Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 06:31 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 06:31 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2370 |