PENGEMBANGAN MEDIA GEDAYANG (GERAK DAKON WAYANG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI FPB DAN KPK KELAS 4 SDN PAJOMBLANGAN

Saputri, Rahmanita Dwi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA GEDAYANG (GERAK DAKON WAYANG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI FPB DAN KPK KELAS 4 SDN PAJOMBLANGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of RAHMANITA DWI SAPUTRI  18120025.pdf] Text
RAHMANITA DWI SAPUTRI 18120025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah jarangnya penggunaan
media pembelajaran pada materi FPB dan KPK. Metode ceramah masih sering kali
digunakan selama proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang antusias
selama proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan peserta didik masih
mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah pada materi FPB dan KPK dan
hasil belajar belum memenuhi kriteria ketuntasan.
Rumusan masalah dalam penilitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan
media GEDAYANG untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa
pada materi FPB dan KPK kelas IV SDN Pajomblangan 2) Bagaimana kelayakan
dan kevalidan media GEDAYANG untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah siswa pada materi FPB dan KPK kelas IV SDN Pajomblangan. Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mengembangkan media
GEDAYANG untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada
materi FPB dan KPK kelas IV SDN Pajomblangan. 2) Mendeskripsikan kelayakan
dan kevalidan media GEDAYANG untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah siswa pada materi FPB dan KPK kelas IV SDN Pajomblangan.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Metode
penelitian dan pengembangan oleh Borg and Gall menggunakan 6 langkah yaitu
potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, revisi desain,
dan uji coba produk.
Hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa media pembelajaran sesuai
dengan prosedur pengembangan Borg and Gall untuk mendapatkan kriteria valid
dan layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan persentase validasi ahli
media 90,59% dan ahli materi 90%, analisis presentase respon peserta didik
sebesar 96% dan analisis presentase respon guru sebesar 96,67%. Media
GEDAYANG meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik
berdasarkan nilai pretest dan posttest dari kriteria ketuntasan “Cukup” meningkat
menjadi kriteria ketuntasan “Sangat Baik”.
Pengembangan media pembelajaran perlu dilakukan oleh guru dan sekolah
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan meningkatkan
pengetahuan, keterampilan serta keaktifan peserta didik. Media GEDAYANG
perlu dikembangkan dalam ukuran lebih kecil untuk kepraktisan biaya dan perlu
diperbanyak untuk mempermudah peserta didik dalam penggunaan selama proses
pembelajaran agar waktu yang digunakan lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:42
Last Modified: 01 Feb 2024 04:42
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2355

Actions (login required)

View Item
View Item