KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA REPLIKA SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 NGASEM JEPARA

PRATIWI, TRI AJENG (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA REPLIKA SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILLS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 NGASEM JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TRI AJENG PRATIWI 18120191.pdf] Text
TRI AJENG PRATIWI 18120191.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

TRI AJENG PRATIWI. NPM 18120191. “Keefektifan Model Project
Based Learning Berbantu Media Replika Sistem Pencernaan Makanan Pada
Manusia Terhadap High Order Thinking Skills Siswa Kelas V SD Negeri 1
Ngasem Jepara”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Pembimbing I M.
Yusuf Setia Wardana, M.Pd. dan Dr. Iin Purnamasari, S,Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir tingkat tinggi
yang rendah pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut dikarenakan proses
pembelajaran masih berpusat pada guru metode yang digunakan oleh guru belum
inovatif, tidak dikombinasikan dengan model pembelajaran serta guru tidak
menggunakan media pembelajaran. Sehingga rendahnya kemampuan berpikir
tingkat tinggi siswa sehingga menyebabkan hasil belajar siswa yang belum
maksimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Keefektifan
Model Project Based Learning Berbantu Media Replika Sistem Pencernaan
Makanan Pada Manusia Terhadap High Order Thinking Skills Siswa Kelas V SD
Negeri 1 Ngasem Jepara. Untuk mengetahui seberapa besar Keefektifan Model
Project Based Learning Berbantu Media Replika Sistem Pencernaan Makanan
Pada Manusia Terhadap High Order Thinking Skills Siswa Kelas V SD Negeri 1
Ngasem Jepara.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain Pre�Eksperimental Design dan bentuk jenis One-Group Pretest-Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Ngeri 1 Ngasem yang
berjumlah 25 siswa. Teknik sampling data yang digunakan non probability
sampling yaitu jenis sampling jenuh artinya dimana semua anggota populasi
dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah obervasi,
tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan belajar
klasikal posttest mencapai 84% dengan rata-rata nilai posttest 74,96 dan rata-rata
nilai pretest 51,2. Untuk hitungan uji t-test satu sampel antara data nilai pretest
dan posttest, diperoleh thitung sebesar 12,37307 dan ttabel sebesar 2,06. Sehingga,
Ho ditolak dan Ha diterima artinya model pembelajaran Project Based Learning
berbantu media replika sistem pencernaan makanan pada manusia efektif terhadap
High Order Thinking Skills siswa kelas V SD Negeri 1 Ngasem.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbantu media replika
sistem pencernaan makanan pada manusia dapat meningkatkan High Order
Thinking Skills siswa kelas V SD Negeri 1 Ngasem. Hal tersebut, menyatakan
bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbantu media replika
sistem pencernaan makanan pada manusia efektif terhadap High Order Thinking
Skills siswa kelas V SD Negeri 1 Ngasem.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:24
Last Modified: 01 Feb 2024 04:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2346

Actions (login required)

View Item
View Item