KEEFEKTIFAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 3 MAKANAN SEHAT SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI HARJOSARI 01 SEMARANG

MEILANA, PUTRI (2023) KEEFEKTIFAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 3 MAKANAN SEHAT SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI HARJOSARI 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Putri Meilana  18120018.pdf] Text
Putri Meilana 18120018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurang aktifnya
siswa dan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut disebabkan kurangnya
pembelajaran yang efektif pembelajaran yang disampaikan guru masih
menggunakan metode konvensional.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran
flipped classroom berbantu media audio visual efektif untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada tema 3 makanan sehat subtema 1 kelas V SD Negeri Harjosari
01 Semarang? Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
keefektifan model pembelajaran flipped classroom berbantu media audio visual
untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 3 makanan sehat subtema 1
kelas V SD Negeri Harjosari 01 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan
Pre Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Harjosari 01 Semarang.
Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas V SD Negeri Harjosari 01 Semarang
yang terdiri dari 20 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah
mengggunakan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada analisis
awal adalah uji normalitas. Analisis akhir menggunakan uji normalitas, uji
hipotesis, dan uji ketuntasan belajar individu.
Rata-rata hasil belajar siswa yang menunjukkan pembelajaran tanpa
menggunakan model pembelajaran flipped classroom berbantu media audio visual
(pretest) sebanyak 56,5%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi
perlakuan (posttest) dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom
berbantu media audio visual sebanyak 78,5%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil
perhitungan diperoleh thitung= 28,9137 selanjutnya dibandingkan dengan ttabel =
1,7291 dengan db = 20-1 pada taraf signifikan α = 5%. Hasil ini menunjukkan
bahwa thitung > ttabel yaitu 28,9137 > 1,7291 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau
dapat dikatakan bahwa model pembelajaran flipped classroom berbantu media
audio visual efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 3 makanan
sehat subtema 1 kelas V SD Negeri Harjosari 01 Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan
hendaknya guru supaya menggunakan model pembelajaran flipped classroom
berbantu media audio visual digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Flipped Classroom, Media Audio Visual, Hasil Belajar
Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:18
Last Modified: 01 Feb 2024 04:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2343

Actions (login required)

View Item
View Item