ANALISIS PENGUATAN DIMENSI KREATIF PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA FASE B DI SD NEGERI 02 KEBONDALEM

DHARMA, OLIVIA YANA ANUCASANA (2023) ANALISIS PENGUATAN DIMENSI KREATIF PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA FASE B DI SD NEGERI 02 KEBONDALEM. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of OLIVIA YANA ANUCASANA DHARMA 18120137.pdf] Text
OLIVIA YANA ANUCASANA DHARMA 18120137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

SD Negeri 02 Kebondalem dalam pembelajarannya menggunakan
Implementasi kurikulum merdeka dan menerapkan profil pelajar pancasila, dalam
mewujudkan profil pelajar pancasila SD negeri 02 Kebondalem melaksakan
pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam pembelajaran
P5 guru di SD Negeri 02 Kebondalem menjelaskan materi dengan tema P5 yang
sudah dipilih, untuk menghasilkan sebuah projek, guru dan peserta didik dapat
membuat produk yang sesuai dari tema yang sudah dipilih tersebut, dengan
adanya kegiatan pembelajaran P5 dapat mengembangkan kreativitas sesuai
dengan elemen-elemen yang ada pada dimensi profil pelajar pancasila salah
satunya pada dimensi kreatif. Fokus penelitian ini Bagaimana penguatan dimensi
kreatif profil pelajar pancasila pada Fase B di SD Negeri 02 Kebondalem.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 02 Kebondalem berjumlah 23 siswa.
Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
dokumentasi, dan angket
Hasil penelitian menunjukan bahwa penguatan dimensi kreatif profil pelajar
pancasila pada fase B di SD Negeri 02 Kebondalem Kecamatan Pemalang,
Kabupaten Pemalang dapat dikembangkan melalui kegiatan projek, kegiatan
projek profil pelajar pancasila tersebut telah dilaksanakan di SD Negeri 02
Kebondalem dan berjalan sudah baik, di peroleh hasil karya kolase yang telah
dibuat peserta didik pada fase B dalam penguatan dimensi kreatif melalui
penguatan projek profil pelajar pancasila (P5)
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti menyampaikan saran
agar pembelajaran P5 tersebut dapat terus dilaksanakan setiap minggunya, agar
peserta didik dapat mengembangkan kreativitasnya dalam penguatan dimensi
kreatif peserta didik dan peserta didik tidak merasa bosan dalam pembelajaran dan
dapat mengeksplor pembelajaaran yang ada pada lingkungan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:03
Last Modified: 01 Feb 2024 04:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2333

Actions (login required)

View Item
View Item