PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR JARIMATIK MAGIC INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS 2 SDIT QUANTUM MULIA

SRIYATUN, SRIYATUN (2023) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR JARIMATIK MAGIC INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS 2 SDIT QUANTUM MULIA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SRIYATUN 21126024.pdf] Text
SRIYATUN 21126024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sriyatun, NPM 21126024, “Pengaruh Jarimatika Magic Indonesia terhadap Hasil
Belajar pada Siswa Kelas 2 SDIT Quantum Mulia”, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang, Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd dan Mei Fita Asri Untari, S.Pd., M.Pd,
Januari 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesukaran siswa
dalam memahami mata pelajaran matematika. Hal tersebut karena kurangnya
metode belajar yang efektif yang dapat membuat siswa memahami dan menyukai
mata pelajaran matematika.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh
bimbingan belajar jarimatik magic Indonesia terhadap hasil belajar siswa?. Tujuan
yag hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya
pengaruh positif yang signifikan bimbingan belajar Jarimatik Magic Indonesia
terhadap hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi experimental
design dengan menggunakan desain penelitian one grup pretest-post test design.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 2 SDIT Quantum Mulia
berjumlah 20 siswa. Metode pengambilan sampel pada peelitian ini menggunakan
sampling jenuh dan teknik sampling yang digunakan adalah non probability
sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan tes, dan observasi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji normalitas hasil pre test
menghasilkan P = 0,182 (P>0,05), sedangkan hasil post test menghasilkan P =
0,06 (P>0,5) maka data berdistribusi normal. Sedangkan uji efektifitas
menunjukkan bahwa n-gain score memperoleh nilai 83,56 yang artinya tingkat
efektifitasnya tinggi, dan nilai n-gain persen sebesar 8355,72 yang artinya bahwa
metode jarimatika efektif terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil uji t
menunjukkan bahwa nilai thitung -3,376 dan ttabel 2.1009 maka berarti nilai thitung >
ttabel dengan nilai signifikansi 0,03 (p<0,05). Kesimpulannya bahwa terdapat
pengaruh positif dan signifikan bimbingan belajar Jarimatik Magic Indoesia
terhadap hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
diharapkan metode jarimatika dapat digunakan sebagai cara efektif untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:57
Last Modified: 01 Feb 2024 03:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item
View Item