MEILIANA, SILFA (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS V SD NEGERI 06 KEDUNGWUNI KECAMATAN KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SILFA MEILIANA 18120084.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
SILFA MEILIANA. NPM 18120084. “Analisis Kesulitan Belajar Mata Pelajaran
Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas V SD Negeri 06
Kedungwuni Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. M. Aniq KHB, S.Pd., M.Hum dan Sukamto, S.Pd, M.Pd. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan belajar
matematika yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal materi perkalian
dan pembagian. Kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik beragam
seperti kesulitan pengguanaan proses, kesulitan perhitungan, kesulitan nilai
tempat. Faktor yang mempengaruhi terjadinya kesulitan belajar matematika.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) faktor apa saja yang
mempengaruhi kesulitan belajar dalam berhitung perkalian dan pembagian pada
mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 06 Kedungwuni? (2) Bagaimana
upaya guru dan peserta didik kesulitan belajar perkalian dan pembagian pada mata
pelajaran matematika kelas V SD Negeri 06 Kedungwuni?
Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, metode deskriptif kualitatif.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data dokumen hasil pekerjaan
peserta didik dan hasil wawancara. Sumber data berasal dari guru dan peserta
didik kelas V SD Negeri 06 Kedungwuni yang berjumlah 14 peserta didik.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) wawancara
(2) observasi, (3) angket, dan (4) dokumentasi. Subjek penelitian III adalah
peserta didik dan guru kelas V SD Negeri 06 Kedungwuni.
Hasil analisis yang diperoleh bahwa peserta didik mengalami kesulitan belajar
perkalian dan pembagian yang paling dominan dialami oleh peserta didik yaitu
faktor yang paling dominan yang menyebabkan kesulitan belajar perkalian dan
pembagian yaitu faktor internal dan eksternal yang berasal dari luar peserta didik
antara lain keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan kepada guru adalah
memperhatikan kesulitan-kesulitan belajar matematika yang dialami oleh peserta
didik dalam materi perkalian dan pembagian dan kepada peserta didik yang belum
memahami materi sebaiknya guru menjelaskan ulang agar peserta didik lebih
paham dengan materi yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:46 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2323 |