Fitriyaningsih, Nur (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PENCERNAAN MANUSIA” BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NUR FITRIYANINGSIH 18120266.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah
Siswa mengalami kendala dalam memahami pembelajaran IPA materi organ
pencernaan manusia, dan belum ada pengembangan media pembelajaran berbasis
android khususnya materi organ pencernaan manusia.
Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berinovasi mengembangkan
produk media pembelajaran berbasis android dengan rumusan masalah yaitu: (1)
Bagaimanakah karakteristik pengembangan media pembelajaran “Pencernaan
Manusia” berbasis aplikasi android untuk siswa kelas V Sekolah Dasar? (2)
Bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran
“Pencernaan Manusia” berbasis android?
Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu untuk membuat media
pembelajaran yang praktis yang dapat digunakan oleh pendidik dan peserta didik
dalam proses pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Research and Development
(RnD), model penelitian ini merupakan pengembangan model ADDIE yang
memiliki 5 tahapan yaitu: analisis (analysis), desain (design), pengembangan
produk (development), uji coba produk (implementation) dan evaluasi
(evaluation) yang digunakan untuk menganalisis sekaligus menguji kelayakan
produk yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
wawancara dan kuesioner/angket, sedangkan untuk teknik analisis data
menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuntitatif.
Dari hasil validasi penelitian, dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran IPA materi organ pencernaan manusia dikatakan layak digunakan
dalam proses pembelajaran. Presentase skor hasil validasi media rata-rata
keseluruhan memperoleh nilai persentase 94,58% dengan katagori sangat layak
dan 92,5% untuk kelayakan materi pembelajaran dengan katagori sangat layak.
Kemudaian, hasil angket respon guru memperoleh nilai persentase sebesar
96,25%, sedangkan perolehan persentase angket respon siswa yaitu 90,18%.
Berdasarkan hasil penlitian, saran yang dapat peneliti sampaikan adalah
materi pada aplikasi perlu dikembangkan, sehingga materi yang disajikan tidak
hanya memuat satu materi pembelajaran saja.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:49 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2322 |