Cahyo, Septian Dwi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS XI MAN 2 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Septian Dwi Cahyo 18230158.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Septian Dwi Cahyo.” Pengaruh model pembelajaran role playing dan discovery
learning berbantu video terhadap hasil belajar passing bawah bola voli kelas XI
MAN 2 Pati”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang. 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya metode pembelajaran yang
terprogram terhadap kemampuan passing bawah bola voli kelas XI MAN 2 Pati.
Passing bawah yang dilakukan oleh peserta didik MAN 2 Pati masih kurang
sesuai dengan target yang telah ditentukan karena nilainya rendah. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui manakah yang paling berpengaruh antara
PBL (problem based learning) berbantu role playing dan discovery learning
berbantu video terhadap hasil belajar passing bawah bola voli.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk pre�experimental design dan jenis two-group pretest-posttest design. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Pati. Yang menjadi sampel pada
penelitian ini yaitu kelas XI IPA 5 dan kelas XI IPS 5 yang berjumlah 52 siswa.
Teknik sampling pada penelitian ini yaitu random sampling. Data penelitian ini
diperoleh dari penilaian kepada siswa.
Hasil Data model pembelajaran PBL (problem based learning) berbantu
role playing dan discovery learning berbantu video terhadap hasil belajar passing
bawah bola voli dinyatakan berdistribusi normal jika nilai signifikansi lebih besar
dari 0,05. Dari pengolahan data pada kelas eksperimen terdapat 0,000, hal ini
menunjukkan bahwa data berdistribusi normal karena lebih kecil dari 0,05 yaitu
0.000> 0.05. Sedangkan dari pengolahan data kelas kontrol terdapat 0,002, hal ini
menunjukkan bahwa data berdistribusi normal karena lebih besar dari 0,05 yaitu
0,002 < 0,05. Sehingga data hasil model pembelajaran PBL (problem based
learning) berbantu role playing dan discovery learning berbantu video terhadap
hasil belajar passing bawah bola voli pada kelas eksperimen dan kelas kontrol
berdistribusi normal.
Simpulan penelitian ini adalah bahwa model discovery learning berbantu
video lebih memberikan pengaruh yang signifikan. Saran dalam penelitian ini
dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi
passing bawah bola voli melalui PBL (problem based learning) berbantu role
playing dan discovery learning berbantu video.
Kata kunci : Role Playing, Discovery Learning, Passing Bawah, Hasil Belajar
Passing Bawah Bola Voli
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:25 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2307 |