SUKMA, SEPTI AUDIA (2023) KEEFEKTIFAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV MI FUTUHIYYAH MRANGGEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
SEPTI AUDIA SUKMA 18120028.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Septi Audia Sukma NPM 18120028. ―Keefektifan Metode Resitasi Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas IV MI Futuhiyyah Mranggen
Demak‖. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurang aktifnya
siswa dan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut disebabkan kurangnya
pembelajaran yang efektif pembelajaran yang disampaikan guru masih
menggunakan metode konvensional.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode resitasi efektif
untuk meningkatkan hasil belajar siswa Bahasa Inggris peserta didik kelas IV MI
Futuhiyyah Mranggen Demak? Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui keefektifan model resitasi untuk meningkatkan hasil belajar
Bahasa Inggris peserta didik kelas IV MI Futuhiyyah Mranggen Demak.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan
Pre Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MI Futuyiyyah. Sampel yang
digunakan yaitu siswa kelas IV MI Futuhiyyah yang terdiri dari 20 siswa. Teknik
sampling dalam penelitian ini adalah mengggunakan sampling jenuh. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan pada analisis awal adalah uji normalitas. Analisis akhir
menggunakan uji normalitas, uji hipotesis.
Metode resitasi efektif dalam pencapaian hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran Bahasa Inggris, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar
siswa menggunakan metode resitasi, dari hasil belajar yang rendah pada nilai
pretest terendah 40 tertinggi 90, hingga mencapai hasil belajar yang tinggi pada
posttest dengan nilai 100. Dengan mengacu pada Kriteria Ketuntasan Minimal
( KKM ) yaitu 70.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat peneliti sampaikan
hendaknya guru supaya menggunakan metode resitasi dalam kegiatan
pembelajaran.
Kata Kunci: keefektifan, metode resitasi dan Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:20 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:20 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2302 |