Arifin, Jaenal (2023) ANALISIS KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS V TEMA EKOSISTEM DI SDN SUMBERAGUNG 02. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
JAENAL ARIFIN 16120052.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Jaenal Arifin. NPM 16120052. ”Analisis Kemampuan Higher Order Thinking
Skills (Hots) Siswa Kelas V Tema Ekosistem di SDN Sumberagung 02 Pati”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Endah Rita Sulistya Dewi,
S.Si., M.Si. Dosen Pembimbing II Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd. 2022.
Pentingnya optimalisasi kemampuan tingkat tinggi dalam pembelajaran
didasarkan pada sebagian siswa belum mampu untuk menghubungkan antara
pengetahuan yang dipelajari di sekolah dengan bagaimana penerapanya dalam
kehidupan nyata. Diperlukan usaha dalam meningkatkan kemampuan berpikir
tingkat tinggi melalui proses menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi
pembelajaran yang mencakup indikator (HOTS) Higher Order Thinking Skills. SD
Negeri Sumberagung 02 Pati telah menggunakan K13 namun belum mengarah pada
pembelajaran dan evaluasi pembelajaran berbasis HOTS dan metode pembelajaran
belum mengarah pada HOTS.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana analisis kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa pada materi IPA Tema Ekosistem di SD Negeri
Sumberagung 02 Pati. Selain itu, penelitian ini bertujuann mendeskripsikan
keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas V tema ekosistem di SD
Negeri Sumberagung 02 Pati. Kemampuan berpikir tingkat tinggi didefinisikan
sebagai penggunaan pikiran secara lebih luas untuk menemukan tantangan baru
melalui beberapa indikator, misalnya mampu mengusulkan ide baru, mengajukan
pertanyaan, berani bereksperimen dan merencanakan strategi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
mengambil data sesuai fakta dilapangan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan aspek komunikasi dan berprikir kristis serta
pemecahan masalah sudah dilaksanakan. Namun, untuk aspek kolaborasi belum
dijalankan mengingat adanya pandemi covid-19. Secara keseluruhan tingkat soal
yaitu pada kategori soal C4 (menganalisis) berada dalam kategori sedang dengan
persentase 66,00%, kategori soal C5 (mengevaluasi) berada dalam kategori sedang
dengan persentase 73,69% dan kategori soal C6 (mencipta) berada dalam kategori
sedang dengan persentase 67,11%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi
siswa kelas V SDN Sumberagung 02 Jaken Pati berkategori sedang dengan
persentase 68,93%. Diharapkan guru dapat memberikan model pembelajaran bagi
siswa kelas V agar dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi di
sekolah. Saran untuk siswa diharapkan memiliki semangat dan mampu mengikuti
pembelajaran daring dengan baik agar tetap dapat mencapai hasil belajar maksimal.
Kata Kunci : Kemampuan, HOTS, Tema Ekosistem.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:15 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2296 |