PRASETYANI, DARA AYU (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU KELAS IV PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA TENTANG RUMAH ADAT DI PULAU JAWA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DARA AYU PRASETYANI 19120030.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
DARA AYU PRASETYANI. NPM 19120030. “Pengembangan Media
Pembelajaran Buku Saku Kelas IV Pada Materi Keberagaman Budaya Tentang
Rumah Adat Di Pulau Jawa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian dan pengembangan ini adalah
media pembelajaran yang terbatas, hanya menggunakan media pembelajaran dan
sumber belajar buku siswa. Maka dari itu, peneliti ingin mengembangkan media
pembelajaran buku saku. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1)
Bagaimana profil media pembelajaran buku saku pada materi keberagaman
budaya di kelas IV?, 2) Bagaimana kevalidan produk pengembangan media
pembelajaran buku saku pada materi keberagaman budaya di kelas IV?, 3)
Bagaimana respon peserta didik terhadap pengembangan buku saku pada materi
keberagaman budaya di kelas IV? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui profil, kevalidan produk, dan respon peserta didik
terhadap pengembangan media pembelajaran Buku Saku pada materi
keberagaman budaya pada kelas IV.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu Research and
Development (RnD). Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri
Gemah, SD Budi Luhur, dan SD Negeri Sendangmulyo 02 Kota Semarang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan untuk teknik analisis
data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh bahwa media Buku Saku dinyatakan layak
digunakan dengan perolehan persentase skor hasil validasi media oleh dosen ahli
sebesar 96,8% dan guru ahli media sebesar 96,8% dengan kategori sangat baik
dan nilai validasi ahli materi oleh dosen ahli sebesar 87,5% dan guru ahli materi
sebesar 95,3% dengan kategori sangat baik. Dari hasil yang didapatkan
disimpulkan bahwa media Buku Saku layak dan praktis digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan oleh
peneliti adalah supaya media pembelajaran buku saku dapat digunakan sebagai
kajian dalam mengembangkan media pembelajaran untuk melengkapi komponen
dan media Kotak Pirawa dapat digunakan sebagai penelitian lanjutan untuk di uji
keefektifan media.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 04:01 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 04:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/229 |