Lesstiono, Inggit (2023) PENGARUH PERMAINAN IKAN HIU & IKAN TERI UNTUK MENINGKATKAN DRIBBLING BOLA BASKET DALAM PEMBELAJARAN PJOK KELAS VII SMP NEGERI 4 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Inggit Lesstiono 18230122.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Inggit Lesstiono. “ Pengaruh Permainan Ikan Hiu & Ikan Teri untuk
Meningkatkan Dribbling Bola Basket Dalam Pembelajaran PJOK Kelas VII SMP
Negeri 4 Pekalongan Tahun Ajaran 2022”. Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh 32 peserta didik yang belum bisa
mengusai teknik dasar dribbling sehingga nilai peserta didik di bawah tes
psikomotor rata-rata peserta didik mendapatkan nilai 65 dari tes psikomotor
sekolah yaitu 75. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana
pengaruh permainan ikan hiu & ikan teri untuk meningkatkan dribbling bola
basket dalam pembelajaran PJOK kelas VII SMP Negeri 4 Pekalongan Tahun
Ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Pengaruh
Permainan Ikan Hiu & Ikan Teri Untuk Meningkatkan Dribbling Bola Basket
Dalam Pembelajaran PJOK Kelas VII SMP Negeri 4 Pekalongan Tahun Ajaran
2022/2023.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif
dengan jenis model penelitian Eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa
kelas VII.B SMPN 4 Pekalongan, menggunakan teknik sampel Purposive
Sampling. Metode analisis data menggunakan uji paired sample-t-test dengan
taraf signifikan 5%.
Hasil Penelitian dari 32 siswa kelas VII.B diketahui bahwa adanya
peningkatan hasil belajar dribbling bola basket melalui penerapan permainan
ikan hiu & ikan teri. Dengan hasil rata-rata pre-test 75 dan setelah di berikan
perilaku hasil rata-rata post-test menjadi 85. Kenaikan rata-ata 6,25%
Simpulan penelitian ini adalah ada peningkatan hasil belajar yang
signifikan melalui penggunaan permainan ikan hiu dan ikan teri terhadap hasil
belajar dribble bola basket siswa kelas VII SMPN 4 Pekalonga.Diketahui dari 32
siswa Kelas VII.B pada tahap pre-test mendapatkan rata-rata nilai 75 sedangkan
pada hasil posttest mendapatkan nilai rata-rata 80 dengan selisih rata-rata 5 dan
kenaikan sebesar 6,25%. Hal ini di sebabkan karena dengan permainan ikan hiu
dan ikan teri siswa menjadi lebih aktif dan lebih bersemangat dalam
pembelajaran. Saran agar lebih banyak menerapkan permainan dalam
pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi siswa dan lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Permainan ikan hiu ikan teri, dribble, bola basket
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:04 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2285 |