Zulfiqor, Ilham (2023) ANALISIS DAMPAK DARI PENGGUNAAN MEDIA CONGKLAK DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERASI PADA SISWA KELAS II SDN 04 KABUNAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ILHAM ZULFIQOR 19120131.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
ILHAM ZULFIQOR, NPM 19120131 “Analisis Dampak dari Penggunaan
Media Congklak Ditinjau dari Kemampuan Numerasi pada Siswa Kelas II SDN
04 Kabunan” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing I Rofian,
S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing II Dr. Kartinah, S.Si, M.Pd.
Konteks penelitian yang melatar belakangi kajian ini, yaitu pembelajaran
tematik media yang berperan penting dalam perangkat pembelajaran sebagai
pendukung pencapaian suatu materi atau pembelajaran tersebut, serta
meningkatnya kemampuan numerasi pada siswa saat melakukan pembelajaran
matematika . pada saat menggunakan media congklak siswa lebih menjadi paham
dengan berhitung perkalian, dalam hal ini siswa tidak akan kebingungan lagi
dalam berhitung perkalian dengan secara langsung menggunakan media congklak.
Permasalahan pada kajian ini, yaitu bagaimanakah dampak dari penggunaan
media congklak yang peneliti tinjau dari kemampuan numerasi pada siswa kelas II
SDN 04 Kabunan.
Kajian ini berjenis kualitatif dan berpendekatan deskriptif. Kajian
terlaksana di Sekolah Dasar Negeri 04 Kabunan. Sasaran peneliti mengenai
dampak dari penggunaan media congklak peneliti tinjau melalui kemampuan
numerasi pada siswa kelas II SDN 04 Kabunan. Teknik dalam mengumpulkan
data mempergunakan pengamatan, wawancara, kuesioner, tes maupun
dokumentasi. Data dicek dengan perpanjangan pengamatan, triangulansi dan
mempergunakan bahan referensi. Kemudian, teknik analisis data melalui tahap
pencarian maupun penyusunan data secara terstruktur: peneliti terjun ke lapangan
sampai akhir penelitian.
Hasil kajian memperlihatkan bila bahwa penggunaan media permainan
congklak mampu berdampak positif sehingga siswa berantusias mengikuti
pelajaran, memudahkan dalam penyampaian materi, serta siswa mudah
memahami materi, dan terlaksanakanya kemampuan numerasi. Selama tahap
pembelajaran, siswa terlihat lebih fokus, aktif, mudah merespons, dan
kaingintahuan yang mengalami peningkatan. Bisa diperjelas bila media permainan
congklak dapat mengoptimalkan kemampuan numerasi siswa dan berdampak
yang positif.
Sesuai hasil kajian, peneliti menyarankan agar para pendidik inovatif
selama melaksanakan kegiatan belajar mengajar, terutama terkait penggunaan
media pembelajaran. Bahwa media pembelajaran memiliki peranan yang cukup
efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa sehingga mereka akan tertarik
dalam kegiatan pelajaran , serta demi mencapai tujuan pembelajaran yang optimal
Kata kunci : Media Pembelajaran, Media Congklak, Kemampuan Numerasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 03:02 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 03:02 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2282 |