Junianto, Muhammad Taufik (2023) PENERAPAN BOLA MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETEPATAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 BULU JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Muhammad Taufik Junianto 18230118.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya siswa kelas V SD Negeri 1
Bulu Jepara yang masih kesulitan dan belum bisa melakukan gerakan passing
bawah dengan benar dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh dari penerapan bola modifikasi untuk meningkatkan ketepatan passing
bawah dalam permainan bola voli siswa kelas V di SD Negeri 1 Bulu Jepara.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah One Group Pretest
and Posttes Design, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 1
Bulu Jepara sebanyak 10 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes yaitu
tes passing bawah. Teknik analisis data menggunakan analisis Uji t dan
sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu.
Hasil penelitian diperoleh nilai t hitung sebesar -6,398 dengan nilai
Signifikansi 0,000. Ternyata nilai Signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari
0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, artinya ada
peningkatan ketepatan passing bawah siswa kelas V melalui penerapan bola
modifikasi dalam permainan bola voli di SD Negeri 1 Bulu Jepara
Dari hasil analisis data dan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan
bahwa ada peningkatan ketepatan passing bawah siswa kelas V melalui penerapan
bola modifikasi dalam permainan bola voli di SD Negeri 1 Bulu Jepara sebesar
63,7%
Kata Kunci: Bola modifikasi, Passing bawah, bola voli
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 02:56 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 02:56 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2277 |