IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ROBOKIDS BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART DAN MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Azis, Irfan Saninur (2023) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ROBOKIDS BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART DAN MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of IRFAN SANINUR AZIS 19120289.pdf] Text
IRFAN SANINUR AZIS 19120289.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

IRFAN SANINUR AZIS. NPM 19120289. “Implementasi Media Pembelajaran
Robokids Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematic)
Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah 1) Rendahnya penggunaan
media pembelajaran pembelajaran berbasis STEAM di sekolah dasar. Hal tersebut
disebabkan oleh guru yang kurang paham tentang STEAM. 2) Rendahnya minat belajar
siswa dalam pembelajaran. 3) Rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan karena
minat belajar yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah media
pembelajaran robokids berbasis STEAM dapat meningkatkan minat belajar siswa? 2)
Apakah media pembelajaran robokisd berbasis STEAM dapat meningkatkan Prestasi
belajar siswa?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Mendeskripsikan
pengaruh media pembelajaran robokids berbasis STEAM pada minat belajar dan prestasi
belajar siswa sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dalam bentuk one groub
pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri
Rejosari 03 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 24 siswa
kelas IB. data dalam penelitian ini diperoleh melalui Angket, wawancara dan Observasi.
Hasil analisis data minat belajar dan prestasi belajar pada uji paired samples t-test
menunjukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Pada uji N-Gain Score minat belajar
diperoleh rata – rata N-Gain Score sebesar 0,7014 dan prestasi belajar diperoleh rata –
rata N-Gain Score sebesar 0,4029. Kesimpulannya bahwa media pembelajaran robokids
berbasis STEAM dapat meningkatkan minat dengan kategori tinggi dan prestasi belajar
dengan kategori sedang pada siswa sekolah dasar.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media
pembelajaran robokids berbasis STEAM dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:22
Last Modified: 31 Jan 2024 08:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2275

Actions (login required)

View Item
View Item