Dwiyanti, Intan Nia (2023) ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA SERIAL ANIMASI UPIN DAN IPIN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
INTAN NIA DWIYANTI 19126027.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
INTAN NIA DWIYANTI. NPM 19126027.”Analisis Nilai-Nilai Karakter pada
Serial Animasi Upin dan Ipin”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Mei Fita Asri Untari, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II
Ikha Listyarini, S.Pd., M.Hum. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya anak�anak dan orang tua yang belum mengetahui tentang nilai-nilai karakter yang
terkandung dalam film animasi Upin dan Ipin terutama dalam episode Lailatul
Qadar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apa saja nilai-nilai karakter
yang terdapat didalam film animasi Upin dan Ipin? Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai karakter yang
terkandung dalam film animasi Upin dan Ipin. Episode Lailatul Qadar. Nilai-nilai
karakter tersebut yaitu Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Rasa
Ingin Tahu, Bersahabat/komunikatif, dan Gemar Membaca.
Penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu mendeskripsi data-data yang
diperoleh di lapangan dengan menggunakan angket dan wawancara. Jenis
penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah studi pustaka (library
research), yaitu mengumpulkan data dengan membaca, memahami, menelaah dan
menganalisis data-data yang telah ditemukan atau tulisan-tulisan baik dari
majalah, surat kabar, mengakses situs-situs internet maupun dengan dokumen�dokumen yang berkaitan dengan skripsi ini. Metode yang digunakan adalah
analisis isi (content analysis), penelitian ini dilakukan terhadap informasi yang
didokumentasikan dalam rekaman, baik dalam bentuk gambar, suara maupun
tulisan.
Hasil analisis angket orang tua dan anak lakukan menunjukan bahwa anak�anak tidak bisa memfilter apa yang mereka tonton, film animasi Upin dan Ipin
menjadi alternatif tontonan anak-anak yang sangat dianjurkan dan dalam
pengawasan orang tua. Sedikit banyak serial animasi Upin dan Ipin dapat
memberikan contoh nilai-nilai karakter yang bisa ditanamkan kepada anak-anak.
Keseimpulannya bahwa film animasi Upin dan Ipin adalah tontonan
televisi yang memberikan contoh yang baik untuk perkembangan anak terutama
pada siswa sekolah dasar dengan didampingi oleh orang tua.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya serial animasi Upin dan Ipin dapat digunakan sebagai salah satu tontonan
favorit orang tua yang disarankan untuk anak menonton televisi. Dan untuk guru
dapat menjadikan serial animasi Upin dan Ipin sebagai contoh perilaku
menanamkan nilai-nilai karakter di sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 08:06 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 08:06 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2268 |