ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD ISLAM DARUL HUDA KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG

Khofifah, Indar (2023) ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD ISLAM DARUL HUDA KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of INDAR KHOFIFAH 18120142.pdf] Text
INDAR KHOFIFAH 18120142.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

INDAR KHOFIFAH. NPM 18120142. “Analisis Gerakan Literasi Sekolah di
SD Islam Darul Huda Kecamatan Genuk Kota Semarang”.Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang.2023
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Gerakan Literasi
Sekolah di SD Islam Darul Huda sudah berjalan akan tetapi belum maksimal
pelaksanaannya dikarenakan terhalang oleh pandemic covid-19.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan
Gerakan Literasi Sekolah di SD Islam Darul Huda?, 2) Apa saja sarana dan
prasarana pendukung Gerakan Literasi Sekolah di SD Islam Darul Huda?. Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah dan untuk mengetahui sarana dan prasarana
pendukung dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SD Islam Darul Huda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil data
sesuai fakta dilapangan. Data diperoleh dari dari hasil observasi, wawancara,
angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan diuraikan dalam bentuk kata�kata. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Islam Darul Huda. Sampel yang
diambil adalah siswa kelas I sampai VI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gerakan Literasi Sekolah di SD
Islam Darul Huda Kecamatan Genuk Kota Semarang sudah berjalan dengan baik,
persentase dengan hasil tertinggi pada aspek pelaksanaan Gerakan Literasi
Sekolah sebesar 92% pada kelas II yang artinya pelaksanaan Gerakan Literasi
Sekolah sudah berjalan dengan sangat baik. Persentase hasil angket tertinggi pada
aspek sarana dan prasarana pendukung ada pada kelas I dengan hasil 89% yang
bisa dikagorikan sangat baik. Kelas I sampai dengan kelas VI sudah
melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah. Sarana dan prasarana pendukung
Gerakan Literasi Sekolah di SD Islam Darul Huda yaitu perpustakaan yang
menyediakan buku-buku bacaan fiksi maupun non fiksi dengan kondisi yang
bersih dan nyaman untuk membaca, di setiap kelas belum terdapat sudut baca
secara khusus namun terdapat rak buku untuk menyimpan buku-buku.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar
sekolah dapat mempertahankan dan mengembangkan pelaksanaan Gerakan
Literasi Sekolah serta dapat meningkatkan sarana dan prasarana pendukung
Gerakan Literasi Sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:52
Last Modified: 31 Jan 2024 07:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item
View Item